Home > Politik > Surat Suara Mulai Disortir KPUD

Surat Suara Mulai Disortir KPUD

Waingapu.Com – Penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 09 April 2014 mendatang telah dilakukan oleh KPUD Sumba Timur (Sumtim), NTT. Penyortiran dan pelipatan itu sendiri telah memasuki hari ke-3 atau telah dilaksanakan sejak Jumat (07/03) lalu. Hal itu dikemukakan oleh Robert Gana, Ketua KPUD setempat ketika ditemui wartawan di ruang kerja komisioner KPUD setempat, Senin(10/03) siang.

Seperti terpantau di dua ruangan KPUD setempat, nampak puluhan orang tenaga harian lepas dilibatkan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara. “Untuk memenangkan waktu, tentu lebih cepat disortir lebih baik lagi. Sementara yang telah tersortir adalah surat suara untuk caleg DPR-RI,” jelas Robert. Adapun pelipatan dan penyortiran itu dilakukan para tenaga harian lepas itu hinggan pukul 22.00 Wita.

Perihal adanya surat suara yang rusak, Robert tidak menepisnya. “Memang ada puluhan surat suara yang rusak, namun masih kita rekap dan inventarisir dulu, pastinya akan kami sampaikan jumlahnya nanti. Lagipula baru surat suara untuk DPR RI yang telah selesai, dan baru saja dimulai penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPD,” imbuhnya.

Antusias para tenaga harian lepas menyortir dan melipat surat suara sangat nampak kala itu. Apalagi sebagian besar pelipat suara justru masih berusia muda. “Satu surat suara kami dapat upah 200 rupiah, lumayan kalau dalam sehari kami bisa lipat 1000 lembar saja, sudah bisa 200 ribu,” ujar Sonny, salah satu tenaga harian lepas yang ditemui.(wyn)

Komentar

komentar