Home > Pendidikan > SDLB Antusias Ikut UN: Sebanyak 5.279 Peserta UN SD Sederajat di Sumtim

SDLB Antusias Ikut UN: Sebanyak 5.279 Peserta UN SD Sederajat di Sumtim

iklan budi indah

Waingapu.Com – Sebanyak 5.279 siswa dan siswi Sekolah Dasar dan sederjat ikut serta dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat di

Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT. Demikian dikemukakan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Din-PPO) setempat kepada wartawan kala ditemui di kantor Bupati setempat.

”Tahun ini pesertanya sebanyak 5.279 orang, sama dengan tahun lalu, tahun ini kami targetkan kelulusan 100 persen,” jelasnya.

Hasil pantauan pelaksanaan UN SD sebelumnya di beberapa sekolah penyelenggara, nampak antusiasnya para peserta untuk menyelesaikan tahap akhir pendidikan dasarnya itu. Antusias peserta UN juga nampak di Sekolah Luar Biasa (SLB) di desa Kuta, kecamatan Kanatang, Sumtim. Diantara ribuan peserta UN, dua orang siswa penyandang disabilitas juga ikut dalam ujian akhir untuk pendidikan dasar itu.

Walau menyandang status sekolah luar biasa, namun perlakuan bagi para siswa peserta ujian tetap layaknya pelaksanaan ujian di sekolah atau lembaga pendidikan pada umumnya. Para peserta tetap ditempatkan di ruang ujian dan diawasi oleh dua orang pengawas.

Yunita Ningsih Mana, salah satu peserta UN di SLB ini melalui Karel, guru pembimbingya menjelaskan, soal Bahasa Indonesia yang diujikan tak begitu sulit untuk dikerjakan.

“Ningsih mengaku soalnya tidak sulit, dia yakin bisa lulus dengan nilai memuaskan. Dia juga bilang mau lanjut ke SMPLB dan nanti bercita-cita menjadi penjahit,” jelas Karel, menjelaskan jawaban Ningsih yang menyandang tuna rungu dan wicara itu, seputar soal dan cita-citanya pasca ditanyakan dengan bahasa isyarat oleh wartawan melalui gurunya.

Adapun 5.279 peserta UN SD untuk tahun 2014 ini berasal dari 238 SD – sederajat yang tersebar di seluruh Kabupaten Sumtim.(ion)

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.