Home > Berita > Kabupaten Pahunga Lodu Segera di Deklarasi

Kabupaten Pahunga Lodu Segera di Deklarasi

Waingapu.Com – Sejumlah Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga), Tokoh Adat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda direncanakan akan segera melakukan acara deklarasi atau peresmian nama calon kabupaten baru yang akan diperjuangkan untuk dibentuk dan dimekarkan dari Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT pada hari Kamis (24/07) mendatang. Peresmian itu nantinya akan dilanjutkan dengan langkah pengusulan ke DPRD dan Bupati Sumtim. Demikian termaktub dalam undangan yang diterima redaksi Waingapu.Com, Selasa (22/07) siang kemarin.

Lebih lanjut dijabarkan dalam undangan dengan kop ‘Pulu Pamba Bata Duangu – Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat Sumba Timur Bagian Timur – Tim Pengusulan Pemekaran Kabupaten Sumba Timur Bagian Timur’ dan ditandatangani oleh ketuanya Dra. Rambu Lika Atahumba, MM dan Sekretaris Yohanis Djami Yiwa itu peresmian nama calon kabupaten baru itu sekaligus peresmian Melolo sebagai calon kota Kabupaten.

Tak hanya itu, acara deklarasi juga sedianya akan dilaksanakan di kompleks Kantor Camat Umalulu itu akan diisi dengan penyerahan hak atas tanah untuk lokasi kantor kabupaten baru dari kabihu (marga) Watupelit yang akan diwakili oleh Oemboe Nggikoe dan Ir. Umbu Manggana, M.Si kepada Bupati Sumtim.

”Rencananya undangan yang hadir sebanyak 1000 orang dari berbagai elemen. Nuansa adat dan tradisi Sumba Timur nanti akan sangat terasa jika para undangan yang hadir mengenakan pakaian khas motif Sumba Timur, itu harapan kami,” jelas Rambu Lika Atahumba, ketika dihubungi wartawan terkait dengan rencana deklarasi itu, Selasa (22/07) malam.

Adapun pemberian nama Kabupaten Pahunga Lodu dengan Melolo sebagai calon ibukota itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan forum itu pada Rabu (04/06) lalu di kediaman Umbu Nai Kahumbu di Kuru Kalala-Waingapu.(wyn)

Komentar

komentar