Home > Lingkungan Hidup > Lagi, Ternak Keliaran Bebas Di Kota Waingapu

Lagi, Ternak Keliaran Bebas Di Kota Waingapu

Waingapu.Com – Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT kembali semarak dengan ternak yang berkeliaran bebas di jalanan Kota. Pada akhir Tahun 2013 silam hingga awal-awal tahun 2014 hal itu sudah jarang dijumpai karena jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Sat. Pol-PP) gencar melakukan penertiban dan razia.

Seperti terpantau lebih dari seminggu terakhir, ternak jenis Kambing dan Domba berkeliaran bebas sekawanan di sejumlah jalan-jalan besar atau jalan-jalan protokol di Kota Waingapu. Padahal jalan-jalan seperti Jalan Ahmad Yani dan Jalan di seputaran Pasar Inpres Matawai Waingapu merupakan jalan yang ramai karena sering dilalui warga dari ragam profesi dan usia. Bahkan jalan-jalan ini menjadi salah satu jalur utama para pejabat juga tamu-tamu pemerintahan maupun swasta kala datang dan pulang dari kota Waingapu.

Sejumlah warga yang ditemui berharap kondisi itu segera disikapi tegas oleh Pemerintah.”Saatnya sudah pemerintah bertindak tegas. Sat.Pol-PP harus turun untuk menertibkan ternak-ternak yang berkeliaran itu seakan tak bertuan itu. Selain mengganggu keindahan kota juga beresiko tinggi bagi kenyamanan dan keselamatan warga pengguna jalan. Jangan sampai ada korban jiwa yang jatuh karena tabrak kambing baru kemudian ditertibkan,” harap salah seorang warga yang ditemui di depan Kantor BRI Cabang Waingapu, Rabu (23/07) siang.

Kondisi ini tentunya menjadi tantangan bagi program hijau dan bersih yang digalakkan oleh Pemkab. Sumtim. Ternak yang berkeliaran juga menjaid ancaman bagi tanaman warga dan juga aneka tanaman hias di Taman Kota.(ion)

Komentar

komentar