Home > Berita > SKW3 Dukung Proses Pemekaran DOB Pahunga Lodu

SKW3 Dukung Proses Pemekaran DOB Pahunga Lodu

Waingapu.Com – Solidaritas Keluarga Wulla Waijillu di Waingapu (SKW3) menyatakan dukungan kepada Panitia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) terkait segala upaya yang dilakukan untuk memperjuangkan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Pahunga Lodu maupun DOB lainnya. Demikian dikemukakan oleh Jacob Ndena Nggaba, Ketua SKW3 dalam pertemuan kekeluargaan dengan panitia pemekaran DOB Pahunga Lodu, yang diwakili Wakil Sekretaris Panitia, Yera Purawoha, di kediaman Katounga Retang, di Panda – Kambera, Jumat (06/02) malam.

“Pada prinsipnya SKW3 mendukung segala upaya positif yang dilakukan pemerintah, DPRD maupun panitia DOB Pahunga Lodu. Kami juga akan turut mensosialisasikan berbagai upaya dan regulasi yang terkait dengan usulan dan pembentukan DOB baru kepada masyarakat Wulla Waijillu,” papar Jacob.

Dalam kesempatan sebelumnya, Umbu Yera, demikian wakil sekretaris Panitia Pemekaran DOB Pahunga Lodu itu disapa, menjelaskan kepada pengurus dan anggota SKW3 yang hadir kala itu, bahwasanya pada tanggal 30 Januari lalu DPRD Sumtim dalam sidang paripurnanya telah mensahkan aspirasi masyrakat terkait usulan pembentukan tiga DOB masing-masing DOB Pahunga Lodu, DOB Sumba Selatan dan DOB Sumba Timur Jaya.

“Regulasilah yang mengakibatkan rencana dan upaya untuk pemekaran DOB baru sampai pada tahapan ini. Memang memakan waktu, apalagi dalam regulasi dinyatakan bahwasanya Pemkab dan DPRD tidak bisa campur tangan terlalu banyak selama belum ada pemasukan usulan secara resmi,” jelas Umbu Yera seraya sedikit memaparkan tentang Undang-Undang Nomer 23 Tahun 2014 dan regulasi lainnya.

Adapun dalam kesempatan hadir sejumlah tokoh SKW3 di Waingapu diantaranya Ayup Tay Paranda, Umbu Turu Marambandima, Umbu Andumila B. Kapita, Stef. Makambombu, Ferdinand Radja dan puluhan anggota SKW3 lainnya.(wyn)

Komentar

komentar