Home > Politik > Polisi Kuasai Keadaan: Pasca Demo Anarkis & Peledakan Bom di Waingapu

Polisi Kuasai Keadaan: Pasca Demo Anarkis & Peledakan Bom di Waingapu

iklan budi indah

Waingapu. Com – Tidak puas dengan proses hingga hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, ratusan massa melakukan aksi demonstrasi di Kota Waingapu, Kabupaten

Sumba Timur (Sumtim), NTT. Demonstrasi yang diwarnai dengan aneka tindakan anarkis seperti pembakaran dan peledakan bom, sempat membuat situasi kota Waingapu mencekam selama lebih dari dua jam. Namun setelah menerjunkan seluruh kekuatan yang ada, situasi keadaan kembali kondusif dan dalam pengguasaan keamanan aparat.

Kondisi mencekam diawali dengan aksi demontrasi warga yang kemudian berujung anarkis. Diduga kuat, ketidakpuasan terhadap hasil Pilkada, warga demonstran kemudian mudah terbakar provokasi dari provokator yang menyusup.

Massa kemudian beringan hingga merusak dan membakar fasilitas umum bahkan melawan aparat dan meledakan bom rakitan. Aparat Polres Sumtim dan Brimob bersenjata bahkan harus beberap kali berhadapan dengan massa bersenjata tajam yang melaan petugas hingga harus dilumpuhkan.

“Sekalipun hingga kini Sumba Timur masih terkategori sebagai wilayah yang kondusif namun tetaplah kita mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan berupa situasi terburuk. Oleh karena itu,dalam rangka pelaksanaan Pilkada, maka kami melakukan simulasi ini yang menggambarkan situasi terburuk yang sebetulnya sangat tidak diharapkan terjadi,” papar Kapolres Sutim, AKBP. Supiyanto, kepada para wartawan usai pelaksanaan simulasi, Selasa (25/08) kemarin.

Adapun pelaksanaan simulasi ini diakhiri dengan penandatanganan ikrar deklarasi damai oleh pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati. Seperti terpantau pasangan Gidion Mbiliyora dan Umbu Lili Pekuwali yang diusung Partai Golkar, PDI-Perjuangan, Partai Demokrat dan Patai Hanura. Juga hadir Paslon Matius Kitu dan Abraham Litinau yang diusung Partai Gerindra, PKPI, Partai Nasdem dan PAN.

Rabu (26/08) akan dilanjutkan dengan gelar pasukan gabungan untuk Pengamanan Pilkada di Sumtim yang melibatkan unsur-unsur seperti TNI, Brimob, Pol PP serta Linmas di Mapolres Sumtim.(wyn)

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.