Home > Politik > Paslon MK-AL Tak Hadiri Pleno: Ketua KPUD Sumtim Sempat Teteskan Air Mata

Paslon MK-AL Tak Hadiri Pleno: Ketua KPUD Sumtim Sempat Teteskan Air Mata

Waingapu. Com – KPUD Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, Selasa (22/12) siang, dalam Rapat Pleno terbuka, menetapkan pasangan Gidion Mbilijora dan Umbu Lili

Pekuwali (GBY-ULP) sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati terpilih, hasil Pilkada serentak 09 Desember lalu.

Pleno yang dilangsungkan di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi itu tetap berjalan sesuai jadwal, sekalipun tanpa kehadiran Paslon Bupati dan Wakil Bupati, Matius Kitu dan Abraham Litinau (MK-AL). Oleh ketua KPUD ditegaskan, ketidakhadiran paslon MK-AL tidak mempengaruhi keabsahan Pleno Penetapan yang dihadiri oleh unsur Forkompimda dan sejumlah undangan itu.

“Sesuai peraturan KPU nomer 11 tahun 2015, ketidakhadiran saksi Pasangan calon nomer urut dua dan tidak ditandatanganinya berita acara rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dalam pemilihan bupati dan wakil bupati, juga ketidakhadiran Paslon nomer urut dua hari ini, tidak berpengaruh terhadap keabsahan pasangan calon yang ditetapkan hari ini,” tandas Robert Gana, Ketua KPUD Sumtim, kepada Wartawan usai rapat pleno penetapan itu.

Seperti terpantau hingga Rapat Pleno itu ditutup, empat kursi yang disipakan untuk paslon MK-AL bersama isteri masing-masing tetap kosong melompong. Rapat pleno itu juga diwarnai suasana haru ketika Robert Gana, selaku ketua KPUD, dalam sambutan atau kata-kata penutupnya meneteskan air mata, yang membuat suasana sempat hening dan penuh keharuan.

“Hendaknya Bapak berdua mengedepankan kebersamaan dalam pengabdian karena bapak berdua dipanggil dan dipilih untuk semua rakyat Sumba Timur. Kami yang lahir di Sumba Timur maupun yang melalui keputusan hukum untuk menjadi warga Sumba Timur, mendukung kepemimpinan bapak berdua dengan sepenuh hati,” jabar Robert dengan suara bergetar menahan keharuan dan sesekali mengusap mata yang ditetesi air mata haru.

Usai ditetapkan sebagai Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, GBY-ULP yang diusung gabungan partai Golkar, PDI Perjuangan, Hanura dan Demokrat itu disambut peluk dan cium sukacita oleh ratusan pendukungnya yang menunggu di luar gedung.

“Terimakasih pada KPUD yang telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Ini hari yang berbahagia bagi seluruh warga Sumba Timur. Kami berdua mengajak seluruh komponen warga Sumba Timur untuk bergandeng tangan membangun Kabupaten yang kita cintai ini,” tandas GBY didampingi ULP.

Ditanya perihal rekonsiliasi ke depan dengan ‘mitra tanding’ mapun pihak yang kontra dalam Pilkada lalu, GBY tak menampiknya. ”Kita lihat keadaaannya nanti, tentu ada, pikiran untuk hal itu ada, karena kami tidak menyimpan dendam,” tandas GBY.(ion)

Komentar

komentar