Home > Pertanian > Belalang Serang Jagung Petani DAS Kadahang

Belalang Serang Jagung Petani DAS Kadahang

iklan budi indah

Waingapu.Com – Puluhan Hektar lahan jagung di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kadahang, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, diserang

dan terancam hama belalang.

“Sudah hampir satu bulan lebih belalang serang jagung kami pak. Kami hanya bisa pasrah dan tidak tahu mau bagaimana. Ini jagung pasti tidak jadi sudah Pak, daun dan batangnya saja sudah kena makan belalang,” jelas Julius Ndamunamu, seorang Petani yang ditemui di mondu/kebunnya di DAS Kadahang, Sabtu(27/02) siang lalu sembari menggoyang tanaman jagungnya sebagi salah satu upaya untuk mengusir belalang.

Julius yang juga menjabat sebagai ketua RW 05 Desa Kadahang itu lebih jauh menambahkan, jagung-jagung yang diserang hama belalang bisa mencapai puluhan hektar.

”Ini sepanjang kali jagung semua Pak. Kalau sudah kena serang belalang ya kedepan pasti kita susah sudah karena tidak bisa panen. Terus terang saja, kami pasti akan sulit makan nanti,” imbuhnya.

Julius juga mengaku telah melaporkan serangan belalang itu ke pemerintah desa setempat. Namun demikian, belum juga ada langkah-langkah penangan yang dilakukan oleh instansi teknis terkait.

“Saya sudah laporkan ke Kepala Desa, dan kata Kepala Desa nanti akan dilaporkan ke Kabupaten. Tapi sampai sekarang belum ada petugas yang datang lihat kebun kami,” pungkas Julius.

Seperti terpantau kala itu, belalang berwarna hijau melalap tanaman jagung petani mulai dari yang tingginya sebatas lutut orang dewasa hingga tanaman jagung yang telah mengeluarkan bunga.(ion)

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.