Home > Berita > Empat Puluh Persen Jalan Kabupaten Di Sumtim Rusak Berat

Empat Puluh Persen Jalan Kabupaten Di Sumtim Rusak Berat

iklan budi indah

Waingapu.Com – Meskipun anggaran pembangunan untuk infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, dari tahun ke tahun terus meningkat, namun kondisi ruas jalan yang belum layak atau dalam kondisi rusak berat masih cukup tinggi. Data dari Dinas Pekerjaan Umum setempat menyebutkan, 40 persen jalan kabupaten sumtim kondisinya rusak berat.

“Untuk anggaran dari tahun ketahun selalu meningkat, ini sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap kebijakan pemerintah pusat dalam pembenahan, peningkatan dan pembangunan infrastruktur. Namun tak bisa dipungkiri, dari total 1.101,40 kilometer jalan kabupaten di Sumba Timur yang benar-benar layak atau baik baru sekitar 40 persen. Kondisi sedang 20 KM lebih, yang lain rusak berat,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sumba Timur, IGK Adhyana, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Christofel Malo Umbu Pati kepada wartawan yang menemuinya pekan lalu diruang kerjanya.

Lebih lanjut Umbu Pati menguraikan, dari total jalan Kabupaten sepanjang 1.101,40 KM tersebut nantinya kemungkinan akan berkembang seiring dengan penyusunan draft SK baru untuk status jalan kabupaten. Menurutnya, rancangan yang akan masuk dalam draf SK menjadi 1500, 70 KM.

“Jalan desa juga akan dimasukan. Adapun totalnya sepanjang 699 KM. Yang juga perlu untuk diketahui bahwa kini tidak lagi ada desa yang benar-benar terisolir. Semua desa sekarang sudah bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor. Kalau dulu yang terisolir itu seperti Desa Lai Hiru dan Praikalala misalnya, sekarang sudah jauh lebih baik dan bisa dijangkau,” imbuh Umbu Pati.

Terkait anggaran atau dana, dari tahun ketahun diakui Umbu Pati terus meningkat. Khusus untuk jalan kabupaten, tahun 2015 lalu, anggarannya lebih dari Rp.79 milyar, tahun 2016 ini lebih dari Rp. 80 milyar.

Kondisi jalan Propinsi juga diakui Umbu Pati, masih cukup banyak yang mengalami kerusakan berat. “Jalan Propinsi totalnya sepanjang 407, 72 KM. Jalan propinsi di Sumba Timur inilah yang terpanjang di NTT. Yang paling parah kerusakannya adalah di wilayah selatan, sedangkan untuk jalan Nasional secara umum kondisinya layak dari total 67, 90 km,” pungkas Umbu Pati.(ion)

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.