Home > Berita > Dalam Keterbatasan, Tagana Sumtim Terbaik Se-NTT

Dalam Keterbatasan, Tagana Sumtim Terbaik Se-NTT

Waingapu.Com – Tidak berlebihan jika Team Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) disebut sebagai Team Tagana terbaik Se-Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, dalam aneka keterbatasan dan hambatan yang menjadi keseharian mereka, predikat sebagai Juara Umum direngkuh team ini dalam Jambore Tagana se-NTT, yang dihelat di Kabupaten Alor sepekan silam. Piala Bergilir Gubernur NTT akhirnya digondol Tagana Matawai Amahu Pada Njara Hamu.

“Kami berhasil meraih juara pertama dalam lomba pembangunan Shelter atau tempat penampungan. Selain raih waktu terbaik juga yang kami hasilkan adalah yang paling rapi. Padahal sebelumnya kami hanya mereka-reka bentuk shelternya dengan membuat sketsa di atas kardus dalam pelayaran menggunakan Ferry ke Alor,” jelas Ferdinand Kilimandu, Koordinator Team Tagana Sumtim, kepada wartawan beberapa saat setelah tiba di Bandara Umbu Mehang Kunda, Rabu (18/05) lalu.

Dijelaskan Ferdinand, raihan juara juga diperoleh untuk kategori Dapur Umum serta ditetapkan sebagai team favorit, menyisihkan team dari 17 Kabupaten lainnya.

“Kami harapkan hasil ini bisa menjadi upaya kecil kami dalam membawa nama harus Sumba Timur juga bisa menjadi pelecut semangat kami dalam melaksanakan tugas-tugas sosial menangani dan memberi bantuan dalam kejadian bencana sesungguhnya,” urainya.

Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Kabupaten Sumtim, yang menyambut langsung kedatangan team kepada wartawan menjelaskan, raihan team Tagana Sumtim layak diapresiasi.

“Dalam keterbatasan, seperti halnya keterbatasan anggaran dimana tali asih yang diberikan oleh Kementerian Sosial yakni hanya seratus ribu perbulan, para anggota Tagana tetap semangat dalam mengemban tugas mulianya. Team ini juga berangkat ke Alor dengan perjalan laut yang cukup panjang dan melelahkan. Pulang dari Alor mereka sempat nginap beberapa hari di Kupang karena ketiadaan pelayaran ke Waingapu. Akhirnya dengan kebijakan yang kami ambil mereka bisa pulang ke Sumba Timur dengan pesawat,” jelasnya.

Seperti terpantau kala itu, Pura Tanya mendampingi 32 orang anggota team berkonvoi bersama piala yang diraihnya keliling kota dan melakukan anjangsana ke petinggi Pemkab. Sumtim yang diwakili oleh Sekda Sumtim, Juspan Pasande dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Gerald H. Palekahelu.

“Sumba Timur tentu siap untuk menjadi tuan rumah yang baik dan ramah dalam kegiatan Jambore Tagana 2018 mendatang. Tentunya teman-teman Tagana juga siap untuk mempertahankan prestasi yang diraih. Masa, di tanah seberang saja bisa raih juara umum, di tanah sendiri hal yang sama tidak bisa?” tandas Juspan memberi apresiasi dan motivasi.(wyn)

Komentar

komentar