Home > Pertanian > Belalang Kumbara Telah Mengembara Hingga Pandawai

Belalang Kumbara Telah Mengembara Hingga Pandawai

iklan budi indah

Waingapu.Com – Serangan belalang jenis Kumbara yang terjadi di Desa Yubuwai, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT kini makin meluas. Warga

Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai, juga telah membenarkan informasi, belalang kumbara telah muncul di desa yang pernah dikunjungi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kala masih menjabat presiden RI tahun 2012 silam.

“Ini sudah banyak di belakang rumah kami, untung saja kami sudah selesai panen tapi tetap buat kami kuatir dan resah, habis banyak sekali, belalangnya bertumpuk sekitar empat centimeter,” jelas Andreas Hapu Ndapa Muri, warga RT01/RW01 Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai ketika dihubungi via handphonenya, Kamis (30/06) siang lalu.

Sudah lebih dari seminggu belalang memasuki desa Maubokul, demikian lanjut Andreas. Namun sayangnya, meski telah diberitakan dan bahkan cukup ramai dibincangkan di dunia maya, belum juga ada petugas dari Dinas Pertanian maupun instansi teknis pemerintah lainnya yang datang.

“Kemarin saya masih ketemu kepala desa, beliau sampaikan sampai bahwa belum ada obat yang diberikan dari Dinas Pertanian,” imbuh Andreas.

Kecamatan Rindi, Kahaungu Eti hingga Pandawai, adalah lokasi yang kini telah disebut-sebut sebagai wilayah yang telah mulai merasakan kecemasan akibat pengembaraan sang belalang Kumbara, belalang yang dikenal sangat cepat menghabiskan hijaunya aneka tanaman warga, belalang ini juga dikenal kanibal.(ion)

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.