Home > Pertanian > Pangdam Udayana Pastikan TNI Siap Bersinergi Perangi Belalang

Pangdam Udayana Pastikan TNI Siap Bersinergi Perangi Belalang

Waingapu.Com – Pangdam IX Udayana, Mayor Jenderal (Mayjen) Kustanto Widiatmoko, memastikan jajaran TNI-AD di wilayahnya siap bersinergi dengan pemerintah dan

masyarakat melakukan ‘perang’ terhadap hama belalang kembara maupun hama lainnya. Hal itu dikemukan Kustanto kala hadir dalam ceremonial penanaman padi serempak, di desa Tana Raing, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, Kamis (22/09) siang kemarin.

“Menanam iya, tapi kemudian untuk diketahui ada program upaya khusus yang namanya Pajale atau padi, jagung dan kedele yang dilaksanakan oleh Kementan. Kami membantu untuk mengawal dan mendampingi dimana didalamnya juga antara lain bagaimana mengantisipasi dan membasmi hama secara bersama-sama. Pada saatnya mudah-mudahan tidak tetapi ketika hama datang kita akan memberantasnya bersama-sama,” tandas Kustanto kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Lebih lanjut imbuh Kustanto, TNI di wilayah kodam Udayana hanyalah sebatas mencetak sawah pada lokasi atau tanah yang bebas dari aneka masalah, ada petaninya juga sumber air yang memadai.

“Di wilayah Kodam Udayana ada sebanyak 3200 hektar yang dilaksanakan pencetakan sawahnya oleh Kodam Udayana, yang mana tersebar di wilayah NTT dan NTB. Kalau hari ini yang dilakukan di Tana Raing bentangannya 40 hektar tapi di tempat lain di Sumba Timur totalnya 124 hektar. Yang lainnya kini masih dalam tahap pengerjaan yang diharapkan dalam waktu selesai,” imbuh Kustanto.

Seperti terpantau dalam kegiatan di Tana Raing itu hadir Wakil Bupati Sumtim, Umbu Lili Pekuwali, Danrem Wirasakti Brigjen (TNI) Heri Wiranto dan Dandim 1601 Sumtim, Letkol (Inf) Elvin T. Saragih dan sejumlah pejabat pusat dan propinsi NTT.(ion)

Komentar

komentar