Home > Berita > Ada PLTB di Watuhadang, Eksperimen Atau?

Ada PLTB di Watuhadang, Eksperimen Atau?

Waingapu.Com – Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH), Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), hingga Pembangkit

Listrik Tenaga Bayu (PLTB) adalah jenis-jenis pembangkit listrik yang familiar dimata dan telinga publik Indonesia bahkan dunia.

Namun ada pembangkit listrik tepatnya di desa Watuhadang, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT yang tidak lazim, dimana kabel yang dimaksudkan untuk mengalirkan arus listrik justru dililitkan pada sebuah batu. Adakah ini PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Batu, red)? Ataukah ini eksperimen, inovasi baru atau sebuah kekonyolan?

Yang pasti seperti terpantau wartawan di lokasi, Minggu (09/10) kemarin, tandon air berbahan fiber, yang terletak tinggi di atas sebuah kontruksi beton bangunan, yang sejatinya berisi air bersih bagi warga sekitar, ternyata kosong dan tak bisa dimanfaatkan.

Energi listrik yang diharapkan bisa mengangkat air dari sumur bor dibawahnya, tidak jua mengalir dari batu yang terlilit kabel yang dipasang di dalam ruangan tepat dibawah tandon, yang merupakan ruangan mesin pembangkit.

Informasi yang terangkum kala itu, debit air sumur bor yang dibangun pada tahun 2015 silam cukup banyak. Sayangnya, warga sekitar hanya bisa menikmatinya kurang lebih satu bulan. Hal itu dampak dari mesin pembangkit listrik yang ada tidaklah lama bertahan.

“Bagaimana air mau naik ke permukaan kalau pompa airnya pakai mesin tenaga batu seperti ini?” Celetukan spontan bernada satir oleh rekan wartawan kala itu, melihat pemandangan yang memang tidak lazimnya terpajang, dimana kabel dililitkan ke batu bukannya terhubungkan dengan mesin pembangkit.

Informasi lainnya yang juga terangkum saat itu, adalah sinyalemen warga dengan keberadaan mesin yang dibawa pulang oleh pihalk kontraktor. Adapaun kontraktor dimaksud, cukup familiar bagi jasa kontruksi tak hanya di wilayah Sumtim tapi juga se Pulau Sumba.

Realita yang tak hanya menyesakan hati, namun sekaligus menggelikan. Ini terebosan atau inovasi pembagkit listrik baru, ataukah terinspirasi Film Flinstone?(ion)

Komentar

komentar