Home > Berita > Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa Sumtim Gelar Demo Damai

Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa Sumtim Gelar Demo Damai

Waingapu.Com – “Kami Mahasiswa Indonesia, Bersumpah Bertanah Air Satu, Tanah Air Tanpa Penindasan, Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah Berbangsa Satu, Bangsa

Yang Mencintai Keadilan, Kami Mahasiswa Indonesia, Bersummpah Berbahasa Satu, Bahasa Tanpa Kebohongan,” pekik ratusan mahasiswa mengikuti Erick Hawula, salah seorang orator dalam aksi mahasiswa, yang digelar dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, Jumat (28/10) pagi hingga siang hari tadi.

Aksi demo yang diikuti oleh elemen mahasiswa dari sejumlah kampus di Sumtim itu, dimulai di pelataran Gedung MPL-Payeti dan selanjutnya melakukan long march melintasi Kampus Universitas Kristen Wira Wacana (Unwina), Polres Sumtim hingga berakhir di Taman Kota Matawai itu, juga dibarengi dengan aneka poster dan spanduk yang menyerukan spirit persatuan Pemuda Indonesia.

Hal menarik lainnya dalam aksi itu, beberapa mahasiwa menggelar aksi ‘luluku’ dan ‘Panggara Tau’ sebagai pembakar semangat juga lantunan syair-syair yang menyiratkan semangat persatuan dalam kebhinekaan.

“Memang kami padukan dengan unsur budayanya. Hal ini mengandung harapan agar pemuda tidak melupakan sejarah dan budaya warisan nenek moyang, walau modernisasi dan globalisasi terus bergulir,” jelas Erick Hawula, di sela-sela aksi mahasiswa di taman kota itu.

Lebih lanjut Erick menjelaskan, aksi mahasiswa kali ini melibatkan elemen mahasiswa dari Sema Unwina, BEM AKN, GMNI, GMKI, IKPML dan Sema STT Terpadu.(ion)

Komentar

komentar