Sabtu, Juni 24, 2017
Home > Lingkungan Hidup > Intensitas Hujan Tinggi, Pelabuhan Waingapu Tergenang

Intensitas Hujan Tinggi, Pelabuhan Waingapu Tergenang

Waingapu.Com – Intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, selain berdampak pada sejumlah lokasi yang langganan genangan, seperti di

Jalan Ahmad Yani (Depan Ruko Matawai, -red) dan Jalan El Tari (Depan Pasar Inpres Matawai), kini juga berampak pada Pelabuhan Nusantara Waingapu, tepatnya di area penumpukan peti kemas.

Seperti terlihat, Jumat (11/02) kemarin siang, kawasan ini digenangi air hampir semata kaki orang dewasa, dihampir separuh area penumpukan peti kemas. Genangan itu nampak bagai danau atau tasik berair tenang. Lalu kemudian beriak kala terhembus angin kencang dan terpancar ke kiri dan kanan ban kendaraan roda dua ataupun roda empat yang melintasinya.

Tak hanya genangan, pintu masuk ke area penumpukan peti kemas ini juga becek dan berlumpur. Kondisi tersebut disinyalir terjadi karena minim, tersumbat atau bahkan karena ketiadaan saluran drainase atau pembuangan.

Pelabuhan Nusantara Waingapu, khususnya area penumpukan peti kemas ini, lebih dari sebulan terakhir memang ditimpa masalah. Ombak atau gelombang tinggi, juga gempa yang terjadi beberapa kali, disinyalir menjadi penyebab ambruknya sisi utara pelabuhan.

Perbaikan darurat memang telah dilakukan oleh pihak otoritas pelabuhan setempat. Namun kini, kondisi genangan di lokasi penumpukan peti kemas, boleh jadi menjadi ‘PR’ Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Waingapu, juga Kawasan PT. Pelindo 03 Waingapu.(ion)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *