Home > Berita > Waspada! Dua Jembatan Pantura Sumtim Nyaris Ambruk

Waspada! Dua Jembatan Pantura Sumtim Nyaris Ambruk

Waingapu.Com – Warga pelintas jalan lintas pantai utara (Pantura) Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, hendaknya waspada. Jika beberapa hari lalu diberitakan

sebuah jembatan di Luku Mihi alias di wilayah Mananga Mehi, Desa Kuta Kecamatan Kanatang alami kerusakan dan bak menungu waktu akan ambruk, kerusakan juga ternyata terjadi pada jembatan Lounda Lima, sekira 500 meter dari lokasi wisata Pantai Lounda Lima.

Seperti terpantau, Minggu (02/04) sore lalu, Oprit jembatan ambrol, bebatuan yang seharusnya tertahan oleh beton oprit, rontok dan terbawa banjir. Kerusakan juga terjadi pada beronjong yang juga terbawa banjir.

“Ini akibat banjir bandang yang sering terjadi hampir dua minggu terakhir. Kami berharap Instansi terkait bisa melihat dan secepatnya bisa memperbaiki jembatan ini. Karena jika jembatan ini rusak atau ambruk, tentu jalur Pantura ini akan putus total, desa-desa di sebelah jembatan bisa terisolir,” jelas Hans Hamba Pulu, Kepala Desa Kuta, yang ditemui di sekitar jembatan tersebut.

Lebih lanjut Hans juga menjelaskan, kerusakan parah juga sebelumnya terjadi pada jembatan di Luku Mihi – Mananga Mehi. Hans yang sempat mengantar awak media ke lokasi jembatan tersebut juga menunjukan kerusakan yang terjadi, dimana keretakan dan pondasi jembatan ambruk dan bergeser.

Petrus Pajaru Kawutak, warga sekitar jembatan Mananga Mehi itu menuturkan, jembatan ini berpotensi besar akan ambruk jika banjir bandang kembali menerjang.

“Ini satu kali lagi banjir bandang bisa robuh ini jembatan. Apalagi jika banjirnya sama dengan yang terjadi Kamis 30 Maret lalu, arusnya deras juga banyak kayu-kayu besar yang dibawa banjir. Pemerintah kalau bisa kerja cepat ini jembatan. Kalau nanti perlu untuk bangun jembatan darurat saya siap kasih tanah kebun saya untuk lewat. Karena kalau ini jembatan rubuh, putus sudah jalur ke utara sana,” tandas Petrus.

Petrus yang pernah menjabat Sekretaris Desa Kuta itu juga menambahkan, desa Hamba Praing, Mondu, Rambangaru, Napu, Wunga, Kadahang, Mbatapuhu, Kalamba dan Prailangina adalah desa-desa yang akan terisolir jika satu dari dua jembatan di wilayah desa Kuta ini ambruk.(ion)

Komentar

komentar