Home > Peternakan > Kerbau & Sapi Sumba Timur Siap Ikut Kontes di Atambua

Kerbau & Sapi Sumba Timur Siap Ikut Kontes di Atambua

kontes ternak

Waingapu.Com – Sapi dan kerbau asal Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, siap ikuti kontes ternak tingkat Propinsi yang akan dilaksanakan di Atambua, yang

direncanakan bulan Mei mendatang. Kesiapan itu nampak dari antusiasnya warga dan panitia kontes ternak tingkat kabupaten Sumtim yang diselenggarakan Kamis – Jumat (20-21/04) lalu di Lapangan Rihi Eti, Kecamatan Kambera.

Thomas Aquinas Sabaora, selaku ketua panitia kontes menegaskan antusiasnya warga tergambar dari peserta kontes. Padahal kontes tersebut diselenggarakan lebih cepat dari jadwal yang sebelumnya dirancang.

“Kalau ternak sapi ada kategori penilaian yakni calon pejantan dari dua hingga dua tahun setengah, pejantan dari umur tiga hingga enam tahun dan kategori penggemukan, juga ada ketegori betina dara dan betina indukan sedangkan untuk kerbau hanya satu kelas yakni pejantan. Jumlah ternak yang terjaring untuk ikuti kontes ini sebanyak 87 ekor sapi dan belasan kerbau,” urai Thomas.

kontes ternak

Lebih jauh Thomas menjelaskan, antusiasnya warga dan penyelenggara dalam pelaksanaan kontes ini berangkat dari tujuan kontes diselengarakan.

“Dari kontes ini kita bisa mendapatkan ternak sapi sumba ongole dan kerbau yang berkualitas yang bisa dipakai jadi bibit dan peremajaan ternak. Juga untuk memotivasi peternak untuk selalu memproduksi ternak yang berkualitas juga dijadikan ajang untuk memberikan penghargaan atau apresiasi kepada peternak sekaligus ajang promosi yang bisa mendongkrak harga ternak,” imbuhnya.

kontes ternak

“Bagus juga ada kontes begini, ini kali pertama saya ikut kontes, semoga nanti ada lagi. Harapan saya bisa juara, tapi itu tergantung juri sudah, yang penting penilaiannya murni, kami terima hasilnya, kan manfaat juga untuk kami peternak biar bisa lebih rajin dan telaten pelihara ternak kami,” jelas Ama, pemilik seekor sapi pejantan yang diberi nama Mila Tingga Eti.(ion)

Komentar

komentar