Home > Advetorial > Terus Berinovasi, BPJS Perluas Kanal Pendaftaran Peserta JKN-KIS

Terus Berinovasi, BPJS Perluas Kanal Pendaftaran Peserta JKN-KIS

konfrensi pers bpjs

Waingapu.Com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terus berinovasi untuk memberi kemudahan bagi para peserta maupun calon pesertanya. Hak yang sama juga dilakukan di Pulau Sumba. Kini bagi masyarakat yang terbatas waktunya karena aneka kesibukan kerjanya bisa mendaftarkan diri dan keluarganya sebagai peserta JKN-KIS lewat telepon.

iklan budi indah

Demikian dijabarkan Kepala Unit (Kanit) Pemasaran BPJS Cabang Sumba, Gusti Ayu Agustina dalam konferensi pers di Kantor BPJS Cabang Sumba, Jalan Soeharto, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, Senin (15/05) siang lalu.

Lebih lanjut Gusti Ayu, yang kala itu didampingi Yudi Purwanto, Kanit. Manajemen Kepersertaan dan Unit Pengendalian Mutu Pelayanan, Penanganan Pengaduan Peserta (UPMP4) dan Djainal, selaku Kanit. Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan menjelaskan, khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP), BPJS kesehatan memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada.

“Jadi kanal-kanal pendaftaran nantinya akan terus diperluas, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran lewat telepon yaitu lewat BPJS kesehatan Care Center 1500-400. Pendaftar peserta mandiri bisa telepon lewat ponselnya ke care center atau diimplementasikan virtual service. BPJS kesehatan care center terus mengembangkan fungsinya setelag sebelumnya ada fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, teleconsulting dan media sosial,” urainya.

Tak hanya itu, peserta juga dapat melakukan mutasi data kepersertaan untuk data nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, NIK dan nomer KK, alamat, email, nomer telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

“Pelayanan yang terus berinovasi untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi para masyarakat peserta akan terus menjadi fokus utama BPJS,” timpal Gusti Ayu.

Sementara itu, Yudi Purwanto juga menjelaskan, perluasan kanal pemberian informasi dan pelayanan pengaduan yang dulunya hanya sebatas unit pengadaan penagduan peserta di kantor cabang, BPJS Mobile dan BPJS kesehatan center, kini ditambah website BPJS kesehatan pada menu SIPP (Saluran informasi dan pelayanan pengaduan), juga integrasi hotline service dengan BPJS kesehatan care center 1500-400.

“Keunggulan daftar lewat BPJS kesehatan care center 1500-400 yakni tidak perlu antri, proses cepat dan mudah, kartu akan langsung diantar ke alamat penerima. Namun ini khusus bagi peserta mandiri atau perorangan. Yang perlu dipersiapan saat sebelum telepon adalah nomer kartu keluarga, nomor KTP, masing-masing anggota keluarga, nomer rekening bank (Mandiri, BNI, BRI atau BTN, _red) nomer telepon atau handphone, alamat email juga jangan lupa tentukan kelas perawatan dan tentukan FKTP mana yang akan dipilih,” paparnya.

Untuk pendaftaran peserta mandiri melalui virtual service, dipaparkan Djainal, nomer NIK yang terdaftar pada Dukcapil Nasional, peserta milik nomer rekening dari salah satu bank yang bermitra dengan BPJS dalam hal ini BNI, BRI, BTN atau Mandiri dan juga peserta wajib melakukan pembayaran pertama ke bank dan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran kedua dan seterusnya. Juga peserta miliki nomer handphone serta alamat email.(ion)

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.