Home > Berita > Di Sumba, Presiden Jokowi Berciuman dengan Pria

Di Sumba, Presiden Jokowi Berciuman dengan Pria

Jokowi dicium pria

Waingapu.Com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berciuman dengan pria di depan ribuan warga, bahkan di depan ibu negara, Iriana Joko Widodo, Rabu (12/07) siang tadi di podium utama lapangan Galatama, kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), NTT.

Dua orang pria ‘nekad’ itu masing masing Marthen Luther Niha dan Florensiua Toda. Keduanya tergolong berani menerobos kerumunan warga bahkan protokoler Paspampres untuk bisa bersalaman bahkan berciuman dengan Jokowi.

Tak hanya bisa berciuman sekali, malah berciuman lima kali. Tak sampai disini, dua pria Sumba yang menjabat sebagai kepala desa itu juga mendapatkan hadiah sepeda, pasca bisa menjawab sejumlah pertanyaan Jokowi sehubungan dengan kebhinekaan dan kebangsaan.

“Saya baru tahu tadi saat tiba di rumah jabatan Pak Bupati bilang, Pak Presiden, cium hidung, saya masih belum.paham juga, ternyata ciuman hidung itu merupakan tradisi di Sumba, sebagai penghargaan dan sukacita atas nafas kehidupan,” tandas Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu juga meminta ciri khas dan keunikan Sumba dilestarikan sebagai bentuk cinta dan bisa menjadi daya tarik wisata.

Selain dua pria itu, pria lainnya yang berciuman dengan Jokowi adalah Bupati SBD, Markus Dairo Talu.

Adapun Presiden Jokowi ke SBD untuk menghadiri Parade Sandalwood. Festival yang diselengarakan secara bergilir di empat Kabupaten se-Sumba itu diakhiri di SBD.

Parade ini diwarnai atraksi 1001 kuda dan parade 2017 penenun serta pameran ribuan kain tenun terbaik sepulau Sumba.(ion)

Komentar

komentar