Home > Berita > Satelit Aqua Deteksi Titik Api Di Kecamatan Haharu

Satelit Aqua Deteksi Titik Api Di Kecamatan Haharu

titik api

Waingapu.Com – Titik api terdeteksi satelit Aqua di wilayah Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, pukul 05:27:00, Senin (17/07). Adapun titik api ini berada pada titik koordinat 119.9156 – 9.5296. Demikian data yang dirilis stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda (UMK) Sumtim.

Elias Limahelu

Elias Limahelu, Kepala Stasiun Meteorologi UMK, yang dihubungi media ini, beberapa saat lalu, lebih jauh menjelaskan, sebenarnya titik panas atau hot spot terdeteksi pada beberapa daerah.

“Hot spot terdeteksi ada dibeberapa daerah hari ini pada beberapa Kecamatan. Namun tingkat kepercayaannya tidak lebih dari 81 persen. Sehingga kemungkinan menjadi titik api kecil. Sedangkan yang di kecamatan Haharu, tingkat kepercayaannya mencapai 93 persen,” jelas Elias seraya menambahkan tingkat kepercayaan tinggi berkisar 81 hingga 100 persen.

Adapun beberapa hari lalu, warganet Sumtim sempat memposting kecemasan dan keprihatinannya terkait mulai maraknya aksi bakar padang di hamparan Sabana sekitar area bukit dan pantai Puru Kambera.(wyn)

Komentar

komentar