Home > Berita > Waspada, Hanya 15 PJTKI Yang Terdaftar di Sumba Timur

Waspada, Hanya 15 PJTKI Yang Terdaftar di Sumba Timur

Umbu Hapu Mbenju

Waingapu.Com – Tingginya angkatan kerja yang tidak dibarengi dengan tersedianya lapangan kerja, juga tidak diimbangi dengan skill dan pendidikan yang memadai, menjadikan peluang untuk bekerja sebagai tenaga kerja di luar negeri jadi alternatif. Kendati demikian, para pencari kerja hendaknya mewaspadai bujuk rayu para agen pencari TKI. Kewaspadaan itu juga perlu bagi pencari kerja atau peminat kerja di luar negeri dari Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT.

“Sampai saat ini di Sumba Timur, baru terdata atau terdaftar lima belas Perusahaan Jasa Perekrutan dan pengiriman tenaga kerja atau PJTI yang resmi,” kata Umbu Hapu Mbeju, Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sumtim, kepada wartawan yang menemuinya beberapa hari lalu.

Lebih lanjut Umbu Hapu menjelaskan, pihaknya senantiasa melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk senantiasa jeli dalam menerima tawaran bekerja ke luar negeri.

“Saya bahkan ke sekolah-sekolah untuk menyampaikan penyuluhan dan memberikan penyegaran pemahaman kepada para siswa juga guru-guru tentang bursa kerja keluar negeri, baik peluang maupun tantangannya. Tentunya dengan menjelaskan mana saja perusahaan jasa perekrut dan pengirim tenaga kerja resmi,” urainya.

Adapun perusahaan resmi berstatus PT (Perseroan Terbatas) yang terdata di Disnakertrans Sumtim yakni Gasindo Buala Sari, Maharani Tri Utama Mandiri, Citra Bina Tenaga Mandiri, Bukit Mayak Asri, Rimba Ciptaan Indah, Pelita Karya Juhari, Ficotama Bina Terampil, Fioken Kencana Mandiri, Sukses Mandiri Utama, Sere Multi Pratiwi, Mahaya Bina Andhika, Citra Kartini Mandiri, Hadi Jaya, Gopama Tunas Bermuda, Mutiara Timur Mitra Perkasa.(ion)

Komentar

komentar