Home > Peternakan > Hampir Lima Ribu Sapi & Kuda Dikapalkan Keluar Waingapu

Hampir Lima Ribu Sapi & Kuda Dikapalkan Keluar Waingapu

I wayan Rudyasa

Waingapu.Com – Hingga akhir Agustus 2017 ini, sebanyak 4.595 ekor ternak sapi dan kuda telah diantarpulaukan via kapal laut keluar Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT. Dari dua ternak yang diantar pulaukan via pelabuhan Nusantara dan Pelabuhan Rakyat Waingapu itu, bertujuan ke Pulau Jawa dan Sulawesi. Demikian diungkapkan I wayan Rudyasa, penanggung jawab Karantina Waingapu, Wayan yang ditemui wartawan diruang kerjanya, Senin (28/08) siang kemarin.

Dari kedua jenis ternak itu, lanjut Wayan merincikan, terdapat 2.451 ekor sapi dan 2.144 ekor kuda. “Untuk sapi terbanyak pada bukan Juli lalu, yakni mencapai 580 ekor. Kalau untuk kuda pada bulan April lalu yakni mencapai 571 ekor,” urainya.

Diakui Wayan, menjelang perayaan Idul Adha, permintaan ternak sapi dari pulau Jawa meningkat. Namun pihaknya harus tetap menyesuaikan dengan kuota maupun rekomendasi yang ditetapkan dan dikeluarkan pemerintah Propinsi NTT.

Adapun kouta pengeluaran ternak sapi dari Sumtim untuk tahun 2017 ini sebanyak 3300 ekor. “Kouta ini harus diatur perbulannya berapa ekor, hingga bisa sampai akhir tahun 2017 ini koutanya tidak habis. Jadi kalau dirata-ratakan perbulannya tiga ratus ekor,” timpalnya.(ion)

Komentar

komentar