Home > Kesehatan > Pemkab. Sumba Timur Bakal Bangun Rumah Sakit Baru

Pemkab. Sumba Timur Bakal Bangun Rumah Sakit Baru

Kunjungan Bupati Gidion Ke Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha

Waingapu.Com – Pemerintah dengan di dukung oleh DPRD Sumba Timur dalam beberapa tahun mendatang merencanakan akan membangun sedikitnya empat rumah sakit baru. Demikian dikatakan Bupati Sumtim, Gidion Mbiliyora, pada para wartawan, Selasa (12/09) siang kemarin.

“Rencananya status rumah sakit bergerak Karera, akan ditingkatkan statusnya, juga akan dibangun Rumah sakit di Melolo, Lewa juga di Waingapu atau Pandawai, lihat nanti mana yang lebih cepat dan berpeluang dibangun duluan. Yang pasti ini untuk mendukung RSUD Umbu Rara Meha yang sedang berupaya menaikan statusnya menjadi RSUD type B,” jelas Gidion yang ditemui pasca melakukan pemantauan sejumlah peralatan dan fasiltias baru di RSUD Umbu Rara Meha.

Masih lanjut Gidion, jika nantinya RSUD Umbu Rara Meha telah bertype B, maka sesuai mekanisme tentu tidak bisa lagi menerima dan melayani pasien rujukan dari fasiltitas kesehatan tingkat pertama dan hanya akan menerima pasein rujukan dari fasilititas kesehatan tingkat lanjut. Hal inilah yang menjadi pijakan awal sejumlah puskesmas harus ditingkatkan menjadi rumah sakit minimal type D atau C.

“Pemerintah dan DPRD tetap menempatkan bidang kesehatan dalam skala pritoritas pebangunan dan pelayanan. Kalau dilihat dari performance APBD bidang kesehatan menempati urutan ketiga setelah bidang pendidikan dan infrastruktur,” imbuh Gidion yang kala itu didampingi oleh Lely Harakai, direktris RSUD Umbu Rara Meha, di gazebo yang diperuntukan bagi para pasein Poli Paru.(ion)

Komentar

komentar