Home > Pertanian > Spirit Petani DAS Mbatakapidu Berbuah Hand Tracktor

Spirit Petani DAS Mbatakapidu Berbuah Hand Tracktor

Penen

Waingapu.Com – Spirit para petani pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) Mbatakapidu, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, ternyata bisa berbuah hand tracktor. Yaa, spirit para petani DAS Mbtakapidu itu berbuah apresiasi dari Wakil Bupati Sumtim, Umbu Lili Pekuawali, yang spontan menjanjikan bantuan hand tracktor. Janji yang tentunya akan semakin melecut semangat para petani untuk menghijaukan DAS yang selama ini belum dioptimalkan dengan aneka sayur mayur dan tanaman lainnya.

“Karena kelompok tani ini bersama bapak kepala desa semangat untuk mengelola DAS ini, dan telah menunjukan hasilnya, saya akan berikan bantuan satu unit hand tracktor. Semoga bantuan ini bisa digunakan untuk meluaskan areal garapan dan nantinya meningkatkan penghasilan para petani,” ucap Umbu Lili Pekuwali, kepada para petani DAS Mbatakapidu, Selasa (03/10) sore kemarin.
Wakil Bupati Sumtim itu, secara spontan melontarkan janji, seiring spontanitasnya mendatangi dan melihat dari dekat aktifitas para petani DAS Mbatakapidu. Umbu Lili menyatakan, pihaknya mendapatkan informasi seputar spirit para petani DAS Mbatakapidu dan Waikudu, dalam sidang DPRD beberapa hari lalu.

Masih lanjut Umbu Lili, spirit para petani dikedua DAS itu kemudian mendapatkan partner yang pas dengan hadirnya teknologi pompa Barsha yang diperkenalkan oleh Yayasan Radio Max FM. Pompa barsha berbentuk kincir air itu, selain bisa mengangkat air hingga ketinggian vertical lebih dari 20 meter, juga ama sekali tidak menggunakan mesin elektrik dan bahan bakar fosil.(ion)

Komentar

komentar