Home > Kesehatan > Bupati Tinjau Kesiapan Operasionalisasi CT Scan RSUD URM

Bupati Tinjau Kesiapan Operasionalisasi CT Scan RSUD URM

CT Scan RSUD Umbu Rara Meha

Waingapu.Com – Bupati Sumba Timur (Sumtim), NTT, Gidion Mbiliyora, Senin (09/10) siang tadi meninjau kesiapan operasionalisasi peralatan Computerized Tomography Scan (CT-Scan) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha (URM). Ditemani Direkstris RSUD, Lely Harakai, nampak kala itu Bupati yang akrab disapa GBY, mencermati penjelasan terkait pemanfaatan peralatan tersebut.
“Alat ini bisa menghasilkan 128 slize atau potongan gambar dari hasil scan. Alat sejenis ini hanya ada atau dimiliki oleh dua Rumah Sakit di NTT, yakni rumah sakit WZ Johannes – Kupang dan kita di RSUD Umbu Rara Meha ini,” kata GBY.
Lebih lanjut GBY berharap, keberadaan alat ini bisa dioptimalkan pemanfaatannya bagi kuantitas dan kualitas pelayanan pada warga Sumtim khususnya maupun warga lainnya di luar Sumtim.
“Kita harap warga Sumba seluruhnya untuk bisa memanfaatkan alat ini. Jadi tidak perlu lagi ke Kupang atau Bali jika hanya untuk CT Scan,” timpalnya.
Adapun alat yang dipergunakan untuk melakukan scanner atau memindai pasien, demikian dijelaskan Lely Harakai diharapkan bisa bermanfaat untuk kemudahan mendiagnosis atau memonitor beragam kondisi ini, telah diinstalasi oleh ahlinya dan dipersiapkan untuk secepatnya dipergunakan.
CT scan sendiri diantaranya bisa dipergunakan untuk mendiagnosis kelainan otot dan tulang, seperti tumor, atau retak pada tulang, menentukan lokasi tumor, infeksi atau pembekuan darah. Selain itu bisa memandu prosedur medis ketika melakukan operasi, biopsy atau terapi radiasi. Juga mendeteksi kondisi penyakit tertentu sperti kanker, sakit jantung, nodul pada paru-paru dan massa pada hati. Selain itu bisa pula mencari tahu cedera atau pendarahan internal.(ion)

Komentar

komentar