Home > Kesehatan > Pendeteksi Resistensi TB Lengkapi Poli RSUD URM

Pendeteksi Resistensi TB Lengkapi Poli RSUD URM

Alat Genexpert

Waingapu.Com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha (URM) terus membenahi kuantitas dan kualitas pelayanannya. Seperti halnya untuk mendeteksi penyakit Tuberkulosis (TB). Adalah Genexpert, peralatan modern yang sejak beberapa waktu lalu telah melengkapi Poli TB, pada poliklinik RSUD yang terletak di Kelurahan Kambajawa, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT itu.

“Kini di Poli TB kami sudah lengkapi alat untuk deteksi penyakit TB, tak hanya itu, alat ini bisa pula mendeteksi pasien yang resistensi terhadap obat yang diberikan pada pasien,” kata Direktris RSUD URM, Lely Harakay, pada wartawan di ruang kerjanya Senin (09/10) siang lalu, pasca menemani Bupati Sumtim, Gidion Mbiliyora, meninjau aneka peralatan medis termutakhir yang telah selesai diinstal dan siap untuk dioperasikan.

Resistensi sendiri, demikian lanjut Lely adalah bentuk kekebalan kuman pada obat yang diberikan pada pasien. Dengan alat baru ini, pasien bisa lebih muda terdeksi mengidap TB sekaligus bisa mendeteksi kekebalan kuman (resistensi) pada obat.

Genexpert sendiri miliki keunggulan mendeteksi TB dan resistensinya dalam waktu minimal dua jam, sementara untuk cara konvensional membutuhkan beberapa hari. Dengan mendeteksi dengan cepat dan juga mendeteksi resitensinya maka pasien akan lebih cepat tertangani, juga ancaman untuk menularkan ke orang lain lebih bisa diminimalisir.(ion)

Komentar

komentar