Home > Berita > Media Komunitas, Wadah Informasi Pembangunan Desa Se-Pinu Pahar

Media Komunitas, Wadah Informasi Pembangunan Desa Se-Pinu Pahar

Media Komunitas

Waingapu.Com – Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) Kecamatan Pinu Pahar, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, Rabu (15/11) siang kemarin melaksanakan pelatihan pengembangan media komunitas di aula Kecamatan setempat. Pelatihan yang dibuka oleh Kristoforus Adisma selaku Fasilitator Kabupaten (Faskab) program GSC itu turut dihadiri oleh Andreas Dundu Tay selaku sekretaris Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Pinu Pahar itu, diikuti oleh para tokoh masyarakat, sekretaris desa, kader posyandu dan anggota Tim penggerak PKK se Pinu Pahar.

Kristo dalam arahannya meminta para peserta serius dan aktif menyimak materi pelatihan. Ditegaskan Kristo pelatihan dimaksud sebagai langkah awal masyarakat desa yang nantinya dipercaya mengelola media komunitas mencari dan memberikan informasi seputar pelayanan publik dan pembangunan pelabagi bidang melalui media komunitas yang nantinya dibentuk.

Media Komunitas

“Nantinya diharapkan media komunitas bisa menjadi pusat informasi terpercaya di tingkat desa. Informasi yang disajikan bisa berisi keberhasilan, saran dan kritikan juga ide atau gagasan untuk pembangunan pedesaan baik dari kuantitas dan kualitas. Khususnya dalam sektor pendidikan dan kesehatan di tingkat desa,” urai Kristo.

Media Komunitas

“Kalau bisa jangan hanya habis dipelatihan ini, lalu pulang dan tidak ada kerja apa-apa. Harus ada upaya untuk belajar dari peserta juga kedepannya masih pula ada pelatihan-pelatihan lanjutan. Biar pengetahuan yang kami dapat di sini tidak hilang begitu saja namun terus berkembang, tahu sudah kami ini orang desa, lebih kenal pacul dan periku, sekarang kami diajarkan cara mencari dan membuat berita untuk media komunitas,” papar Hina Djawarai, Sekretaris Desa Wanggambewa menyampaikan asanya.

Dalam pelatihan ini, pihak GSC menghadirkan narasumber dari praktisi media massa yang berkompeten dalam bidangnya. Robert Ropo, jurnalis HU Pos Kupang dan Dion Umbu Ana Lodu, jurnalis Waingapu.Com, dihadirkan untuk memberikan materi terkait proses pencarian, peliputan dan pembuatan berita yang sehari-hari digeluti keduanya.(ion)

Komentar

komentar