Home > Berita > Investasi & Transmigrasi, Solusi Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Investasi & Transmigrasi, Solusi Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Umbu Lili bersam Eko Putro Sandjojo

Waingapu.Com – Kemiskinan yang hingga kini masih membelenggu sekitar 30 persen dari total penduduk Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, bisa dientaskan atau diminimalisir dengan hadirnya program investasi dan transmigrasi. Dua program yang bertautan erat dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu bisa menjadi dua solusi dari sejumlah solusi yang ada dalam upaya memberantas kemiskinan di Sumtim. Demikian sebagian intisari pemaparan Pemkab. Sumtim, melalui Wakil Bupati Umbu Lili Pekuwali, kala memberi sapaan pembuka dalam kunjungan kerja dan tatap muka, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT), Eko Putro Sandjojo, ke kawasan transmigrasi Melollo dan perkebunan Tebu PT. Muria Sumba Manis (MSM) di desa Wanga, kecamatan Umalulu, Jumat (19/01) siang kemarin.

“Dalam perjalanan pemerintahan kami ini ada beberapa lokasi transmigrasi yang perkembangannya cukup positif. Ada yang sudah menjadi ibu kota Kecamatan pada dua lokasi Transmigrasi, dan ada yang sudah menjadi desa pada sepuluh desa. Perkembangan ini juga yang kita harapkan terjadi pada lokasi lokasi yang menjadi hak penguasaan lahan bagi transmigrasi, ini juga bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk bagaimana memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat,” papar Umbu Lili.

Umbu Lili Panen Tebu PT. Muria Sumba Manis

Ditempat yang sama, Umbu Lili kembali menegaskan pentingnya peran swasta dalam berinvestasi di Sumtim. Pihaknya juga berharap pihak swasta dalam melakukan investasi di Sumtim bisa mendapatkan manfaat dan keuntungan yang tentunya diharapkan bisa berimbas pada kesejahteraan warga disekitar lokasi investasi khususnya dan masyarakat Sumtim pada umumnya.

“Awalnya kami juga sedikit ragu ketika PT. MSM nyatakan keseriusannya untuk berinvestasi di sini. Bisa nggak tanah kami yang dalam kondisinya seperti ini ditanami tebu. Karena kami tahu yang tumbuh di tanah kami ini lebih-lebih di hamparan yang seperti ini hanya bisa tumbuh pohon kusambi dengan pohon kehi. Tetapi dengan teknologi yang diterapkan dan dilaksankan kita bisa lihat semua bahwa tebu ternyata bisa tumbuh dan subur di tanah kami ini,” urai Umbu Lili sembari menyatakan harapan agar investasi bisa terus berlanjut dan dioptimalkan yang mana tentunya berujung pada kesejahteraan bagi semua warga masyarakat.

Adapun dalam kunjungan kerja Mendes-PDTT ini selain dihadiri oleh sejumlah Dirjen, juga hadir para pimpinan daerah dan SKPD di Sumtim diantaranya, Ketua DPRD, Palulu P. Ndima, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Umbu Hapu Mbeju, Sekretaris Daerah, Juspan Passande dan Domu Warandoy selaku asisten satu Setda. Sumtim.(ion)

Komentar

komentar