Home > Lingkungan Hidup > SWST Meriahkan HPN Dengan Tanam Anakan Mangrove

SWST Meriahkan HPN Dengan Tanam Anakan Mangrove

Panitia Hari Pers Nasional

Waingapu.Com – Sejumlah wartawan media cetak, elektronik dan online yang bertugas di Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, berencana akan memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) dengan aksi simpatik peduli lingkungan. Untuk aksi simpatik ini, para wartawan yang membentuk wadah berlabel Solidaritas Wartawan Sumba Timur (SWST) akan mewujudkan rasa cinta dan peduli kelestarian lingkungan dan alam dengan penanaman seribu anakan mangrove (bakau) di pesisir Pantai Manubara-Padadita, bertepatan dengan HPN tanggal 09 Februari mendatang.

“Kita sejumlah wartawan yang bertugas di Sumba Timur ini mau menyambut dan memeriahkan HPN dengan cara berbeda. Wartawan juga idealnya tidak hanya bisa menyajikan berita kepada para pembaca namun juga harus peduli akan kelestarian lingkungan. Untuk itu, kali ini kami sepakat untuk melakukan aksi simpatik penanaman seribu anakan bakau di pesisir pantai Manubara dan Pada Dita,” urai Robert Ropo, sekretaris panitia kegiatan ini, pasca ambil bagian dalam rapat pemantapan panitia HPN di studio Radio Max FM, kampung Kalu, Kelurahan Prailiu, Jumat (02/02) siang tadi.

Robert yang juga jurnalis Harian Umum Pos Kupang, yang kala itu didampingi Humas SWST, Heindrich Dengi itu lebih jauh menjelaskan, aksi simpatik itu rencananya akan melibatkan sejumlah elemen pemerintah maupun swasta, juga masyarakat umum.

“Rencananya kami akan mengundang anggota Forkompimda Sumba Timur, satuan polisi pamong praja, BPBD, Dinas lingkungan hidup dan Taman nasional Matalawa, juga masyarakat umum. Satu atau dua anakan mangrove yang ditanam nantinya, jika berhasil dan betumbuh dengan baik, bisa memberikan harapan masa depan lingkungan khususnya pesisir pantai lebih ideal dan lestari,” imbuh Heinrich.

Adapun wartawan yang tergabung dalam wadah SWST untuk memeriahkan HPN tahun 2018 ini yakni Heinrich Dengi (Radio Max FM dan KBR 68 H), Robert Ropo (HU Pos Kupang), Andy M. Yusuf (Kompas TV), Siti Amina Wungo (ANTV/TV One- Viva Group), Mohamad Habibudin (nttonlinenow.com), Frengky Johanis (HU Victory News), Dion Umbu Ana Lodu (Waingapu.Com).

Selain aksi simpatik penanaman anakan mangrove, SWST juga akan menggelar talk show dengan thema ‘Peran Wartawan dalam Pembangunan Sumba Timur’ di studio Radio Max FM, Selasa (06/02) pekan depan. Talk show ini diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi antar sesama pegiat jurnalistik dan juga bisa menyerap harapan dan aspirasi warga terutama para pendengar radio Max FM.(ion)

Komentar

komentar