Home > Pendidikan > GMNI Waingapu Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan di SMA Kristen Payeti

GMNI Waingapu Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan di SMA Kristen Payeti

Seminar GMNI di SMA Kristen Payeti

*Laporan Rudiyanto Takanjanji (Anggota GMNI cabang Waingapu)

Seminar wawasan kebangsaan kembali lagi dilaksanakan Gerakan Mahasiwa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Waingapu. Kali ini dilaksanakan di aula SMA Kristen Payeti (SMAKrispati) Waingapu, Sabtu (03/2). Kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan, setelah sebelumnya GMNI menggelar acara serupa di SMKN 05 pekan lalu.

Pemateri dalam seminar ini adalah Dandim 1601 Sumba Timur (Sumtim) yang diwakili oleh Kapten. Samiun. Selain itu, Jumlintan Saulus Windi yang juga koordinator Tim pelaksana seminar Wawasan Kebangsaan ini juga memberikan materi, yang dimoderatori Rudiyanto Takanjanji, kader GMNI cabang Waingapu. Thema kali ini sama dengan seminar sebelumnya di SMKN 05 Waingapu yakni, “Membentuk Karakter Anak Bangsa yang Bersendikan Pancasila” dan diikuti oleh oleh 113 siswa dan siswi SMA Krispati .

Ketua GMNI Cabang, Waingapu, Elvensias U. M. Awang, dalam sambutan pembukaan seminar ini menyatakan, tujuan seminar ini secara umum adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan dalam wawasan kebangsaan sebagai warga NKRI yang mempunyai UUD 1945, juga mempunyai dasar negara Pancasila.

Tidak hanya itu, demikian lanjut Elvesias, GMNI punya tujuan khusus yakni membumikan Pancasila di tanah Matawai Amahu Pada Njara Hamu, terutama dikalangan pemuda dan pelajar. Hal ini penting untuk membetuk karakter anak bangsa sejak dini, hingga siap menjadi garda terdepan dalam membela dan menjaga persatuan dan kesatuan banga.

Yohanis L. Nyuga, selaku Wakasek Kesiswaan SMA Krispati dalam kesempatan itu menyatakan apreasiasi dan terimakasih kepada GMNI. “Kami berterima kasih kepada pihak GMNI yang telah melakukan seminar tentang wawasan kebangsaan. Apalagi seminar ini lebih kepada pembentukan karakter. Hal seperti inilah yang kami sangat harapkan untuk membentuk sejak saat ini karakter siswa-siswa menjadi lebih baik dan siap jadi garda terdepan dalam membela persatuan dan kesatuan berlandaskan Pancasila,” tandasnya.(*)

Komentar

komentar