Home > Lingkungan Hidup > Puncak HPN Di Sumba Timur, Wartawan & Warga Tanam Mangrove

Puncak HPN Di Sumba Timur, Wartawan & Warga Tanam Mangrove

Menanam Anakan Bakau Memperingati Hari Pers Nasional 2018

Waingapu.Com – Sejumlah wartawan yang tergabung dalam wadah Solidaritas Wartawan Sumba Timur (SWST), Jumat (09/02) siang tadi melakukan aksi penghijauan berupa penanaman anakan mangrove atau bakau di pesisir muara Manubara dan Pantai Pada Dita, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT. Wadah para wartawan ini sendiri terbentuk dalam rangka untuk memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 ini.

Kegiatan itu sendiri melibatkan lebih dari 200 orang peserta yang berasal dari pelbagai intansi pemerintah, mahasiswa dan warga pada umumnnya. Seribu anakan bakau berhasil ditanam pada lahan sekira 1,5 hektar itu.

Ketua DPRD Sumtim, Palulu P. Ndima yang ambil bagian dalam kegiatan ini mengucapkan apresiasinya kepada para wartawan yang bertugas di Sumtim. Yang mana ditengah kesibukan dan rutinitasnya mencari, mengolah dan menyajikan berita, masih menyediakan waktunya untuk menujukan bukti nyata pada kelestarian lingkungan, khususnya pesisir pantai.

Menanam Anakan Bakau Memperingati Hari Pers Nasional 2018

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para wartawan yang tergabung dalam Solidaritas Wartawan Sumba Timur, yang kali ini menunjukan rasa cinta pada alam dan turut melestarikan keanekaragam hayati. Indonesia adalah negara yang miliki kekayaan keanekaragam hayati tertinggi di dunia sehingga disebut mega bio divercity,” papar Palulu.

“Ini salah satu bentuk aksi nyata kami para wartawan dimana kami tidak hanya bisa mencari, mengolah dan menyajikan berita tentang perilaku perusakan lingkungan, namun kami juga mau merawat dan melesarikan ala mini dengan aksi nyata. Harapannya bakau yang kita tanam hari ini, akan bertumbuh dan kemudian dirawat bersama. Aksi-aksi serupa akan terus kami lakukan dalam kesempatan lainnya,” jelas Dion Umbu Ana Lodu, ketua panitia kegiatan ini disela-sela penanaman mangrove itu.

Robert Ropo, sekretaris panitia kegiatan ini menambahkan, sukesnya kegiatan ini karena banyak pihak yang dilibatkan diantaranya, Taman Nasional Manupeu Tana Daru, Laiwanggi Wanggameti (Matalawa), Dinas Lingkungan Hidup, Pos SAR Waingapu, Kodim 1601, Dinas Kelautan dan Perikanan, sat Pol PP, BPBD, Polres Sumtim, GMNI, Mahasiswa dan Dosen Unwina, warga Pada Dita dan Kambaniru.

“Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Wingsfood, Air minum mineral Bunafit, BPJS, PT. MSM, Viva Cosmetic, yayasan Life Jepang, Radio Max FM dan Yayasan Komunitas Radio Max Fm Waingapu,” imbuh Robert.(ion)

Komentar

komentar