Home > Pendidikan > Gunakan Bahasa Ibu Sebagai Pengantar, Misi INOVASI di Sumba Timur

Gunakan Bahasa Ibu Sebagai Pengantar, Misi INOVASI di Sumba Timur

Photo Bersama Inovasi

Waingapu.Com – District Facilitator INOVASI Sumba Timur (Sumtim) Andika, kepada wartawan di sela-sela kegiatan Media Engagement Program INOVASI di hotel Padadita, Senin, (20/2/) kemarin menjelaskan, Intervensi yang dilakukan oleh Inovasi bersama Fasilitator Daerah (Fasda) dalam dunia pendidikan di Sumtim adalah tertuju pada guru dan kepala sekolah. Guru diharapkan memperbaiki proses pembelajaran dan kepala sekolah untuk mendukung manajemen sekolah.

“Khusus untuk Sumba Timur, kini telah sampai dalam tahapan eksplorasi dan sintesis pre pilot yang melibatkan tiga sekolah. Untuk tiga kabupaten lain akan melakukan eksplorasi pada bulan Maret 2018.Tujuan akhirnyaadalah tentu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam literasi dan numerasi,” jelas Andika.

Andika menegaskan, setiap kabupaten di Sumba punya tema atau model kegiatan masing-masing. Kabupaten Sumba Timur dengan tema penggunaan bahasa pengantar dalam pembelajaran berbasis bahasa ibu pada awal pendidikan dasar, Sumba Tengah tema pembelajaran literasi, SBD dengan tema guru baik dan Sumba Barat tema kepemimpinan pembelajaran atau manajemen sekolah.

Adapun kegiatan Media Engagement ini dilaksanakan selama dua hari dan ikuti oleh sejumlah wartawan yang bertugas di Pulau Sumba dan Kota Kupang. Selain itu juga diikuti oleh unsure kehumasan dari empat Kabupaten ses Sumba dan juga Propinsi NTT.(ion)

Komentar

komentar