Home > Berita > Waduh, Ternyata 168 KK Yang Jadi Korban Banjir Wanga

Waduh, Ternyata 168 KK Yang Jadi Korban Banjir Wanga

Banjir Wanga

Waingapu.Com – Setelah sebelumnya diberitakan sebanyak 153 Kepala Keluarga (KK) di desa Wanga, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, yang terdampak banjir, Dinas Sosial dan BPBD Sumtim, kemudian memperbaharui data sesuai fakta dilapangan, perihal jumlah KK korban banjir yang justru mencapai 168 KK.

“Data terbarunya adik, ada 168 Kepala Keluarga yang terkena dampak banjir pada enam RT di Desa Wanga,” demikian bunyi pesan WhatsApp Pura Tanya, Kepala Dinas Sosial Sumtim, melalui gawainya, Jumat (23/02) malam tadi.

Banjir Wanga

Banjir Wanga ini selain menggenangi pemukiman warga juga merusakan lahan pertanian warga dan berpotensi pada gagal panen warga. Seperti terpantau kemarin, masih nampak genangan di lahan kebun jagung warga, juga jagung yang nampak rata tanah tersapu derasnya air, juga tanaman padi dan pematang sawahnya rusak.

Beberapa warga juga mengeluhkan ternak mereka yang hilang terhanyut banjir. Ternak ayam dan babi juga kambing dan domba adalah yang paling sering diungkap warga, menjadi salah satu jenis kerugian yang diderita warga.

Banjir Wanga juga terus menjadi bahasan tak hanya bagi warga Wanga, namun juga meluas hingga warganet di jagad maya via media sosial. Bahasan itu berkisar soal dampak dan penyebabnya. Ada yang menyebut karena buruknya saluran drainase, murka alam karena dirusakan dan dirubah fungsinya, hingga salah satunya pemicunya disebut karena jebolnya embung milik investor perkebunan.(ion)

Komentar

komentar