Home > Advetorial > Uluran Tangan Jutaan Rakyat Indonesia Selamatkan Nyawa Rian Arjuna

Uluran Tangan Jutaan Rakyat Indonesia Selamatkan Nyawa Rian Arjuna

Rian Peserta Jamkesmas

Sumba Timur, Jamkesnews – Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dirasakan juga oleh Daniel Bulan (40). Sebagai peserta JKN-KIS yang iuran bulanannya ditanggung oleh Pemerintah Pusat, Daniel adalah salah satu dari ribuan peserta JKN-KIS yang telah tertolong berkat gotong royong seluruh penduduk Indonesia. Tak pernah terbayangkan olehnya, bagaimana jadinya jika ia tak menjadi peserta JKN-KIS. Entah berapa biaya yang harus ia keluarkan untuk mengobati Rian Arjuna Bulu (12n), anak ketiganya yangmenderita penyakit thalassemia.

Penyakit thalassemia yang diderita oleh Rian adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Karena penyakitnya itu, transfusi darah secara rutin 1 kali dalam seminggu pun harus dijalani Rian.

Bisa dibayangkan betapa berharganya kartu JKN-KIS ini bagi keluarga saya pribadi, beberapa orang mengatakan jika menggunakan kartu JKN-KIS itu selalu disusahkan atau dapat pelayanan yang tidak sesuai. Bagi saya tidak, yang penting kita harus taat administrasi. Kadang ada petugas yang mendatangi kami seperti yang terjadi sekarang kami didatangi, ditanyakan apakah sudah memiliki dan bagaimana manfaatnya buat kami. Kami diberikan informasi dengan baik sehingga kami pun tidak bingung pada saat mau menggunakan kartu JKN-KIS ini ke Puskesmas maupun rumah sakit. Betapa pemerintah memperhatikan kebutuhan kami, sampai rela ke kampung-kampung untuk meninjau kami,” ujar Daniel, saat ditemui di kediamannya di Kelurahan Hambala Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur (04/05).

Daniel berharap program JKN-KIS bisa terus berlangsung, agar bisa menolong orang-orag yang membutuhkan seperti dirinya. Dia juga sangat berterima kasih sekali atas pelayanan yang telah diberikan selama berobat menggunakan JKN-KIS karena telah dilayani dengan baik.

“Ibaratnya, ada jutaan tangan yang menolong anak saya lewat iuran JKN-KIS. Kami berharap program pemerintah ini selalu dijalankan dengan jujur dan transparan khususnya untuk rakyat kecil seperti kami. Disadari atau tidak, jaminan kesehatan seperti ini bisa menekan angka kriminal, karena terkadang ada yang harus mencuri dengan alasan orangtua atau kerabat mereka yang sakit demi biaya berobat ke rumah sakit. Bersyukur sekali kami tertolong dengan JKN-KIS, semoga program ini terus berjalan memberikan manfaat bagi yang membutuhkan,” ungkap Daniel.[*]

Komentar

komentar