Home > Advetorial > Cara Hidup Sehat Ala Klub Prolanis

Cara Hidup Sehat Ala Klub Prolanis

BPJS

Sumba Barat Daya, Jamkesnews – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Waingapu mengajak peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) se-Kabupaten Sumba Barat Daya yang tergabung dalam Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) untuk membudayakan pola hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik dalam acara Gebyar Prolanis, Jumat (14/09).

Kegiatan Prolanis ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi satu sama lain di antara peserta Prolanis dan juga memberikan pengetahuan kepada peserta Prolanis dalam mengelola pola makan dan jenis  makanan sehat. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat Daya, drg. Julianus Kaleka.

“Ini salah satu cara kita mempromosikan betapa murah dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan melakukan senam setiap pagi sudah meningkatkan kebugaran dan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit,” ujarnya.

Acara Gebyar Prolanis ini dimeriahkan oleh sejumlah rangkaian kegiatan, seperti lomba senam Prolanis antar klub Prolanis yang di Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), edukasi kesehatan oleh Dokter Spesialis Penyakit dalam kepada peserta Prolanis serta beragam kegiatan menarik lainnya. Adapun sasaran kegiatan tersebut meliputi 18 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten Sumba Barat Daya, 16 Klub Prolanis, dan 400 peserta Prolanis yang tersebar di Kabupaten Sumba Barat Daya. Sementara itu, hingga Agustus 2018, tercatat ada 299 peserta Prolanis Diabetes Mellitus dan 101 peserta Prolanis hipertensi.

Dalam kesempatan itu hadir pula dokter spesialis penyakit dalam, dr. Erwin Adams Pangkahila yang memaparkan pentingnya menjaga pola makan.

“Bukan hanya untuk penderita hipertensi dan kencing manis, tapi semua orang untuk mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang seimbang, dengan diatur porsinya sesuai dengan berat badan,” kata Erwin kepada peserta di sela-sela acara.

Kepala Bidang PMP BPJS Kesehatan Cabang Waingapu, Alfonsus Daniel menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya preventif, khususnya bagi peserta JKN-KIS yang menderita diabetes mellitus dan hipertensi. BPJS Kesehatan sendiri memfasilitasi pembentukan klub Prolanis di berbagai Puskesmas atau klinik yang menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang terdapat di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Komentar

komentar