Home > Berita > Pulau Sumba Miliki Dua Alat Pendeteksi Gempa Bumi

Pulau Sumba Miliki Dua Alat Pendeteksi Gempa Bumi

Sosialisasi Alat Deteksi Gempa

Waingapu.Com – Terdapat dua alat pendeteksi gempa yang ada di Pulau Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Demikian dijelaskan Arief Tyastama, Kepala Stasiun Geofisika Waingapu kepada Wartawan, Rabu (03/10) lalu. “ Untuk pendeteksi gempa di Pulau Sumba kita miliki dua. Satu dibagian timur pulau Sumba dan satunya lagi dibagian barat pulau Sumba,” tandas Arief.

Namun demikian, lanjut Arief untuk mendeteksi gempa di seputaran Pulau Sumba, yang terbagi dalam empat Kabupaten, masing-masing Kabupaten Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya, BMKG tidak semata-mata menggunakan alat pendeteksi yang berada di seputaran pulau Sumba saja.

Sosialisasi Alat Deteksi Gempa

“Dalam deteksi gempa kita tidak hanya gunakan dua lata yang ada dib again timur dan barat pulau Sumba ini saja tetapi menggunakan beberap peralatan yang terdapat di wilayah lainnya di NTT, juga NTB dan Bali. Semuanya terkoneksi atau terintegrasi,” urai Arief.

Lebih lanjut Arief yang ditemui pasca memberikan sosialisasi tentang gempa dan tsunami dan cara menyikapinya, pada warga Kelurahan Hambala, Kota Waingapu, meminta masyarakat agar jangan mudah percaya dengan berita hoax serta isu yang tersebar dan disebarkan oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Informasi seputar gempa dan tsunami akan senantiasa diberikan dan diumumkan oleh BMKG. (ion)

Komentar

komentar