Home > Budaya > Cinta Budaya Sumba? Jangan Lewatkan Jungga Festival di Waingapu

Cinta Budaya Sumba? Jangan Lewatkan Jungga Festival di Waingapu

Jungga Festival

Waingapu.Com – Jungga Festival siap menyemarakan malam kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT. Festival yang akan digelar Sabtu (22/12) pukul 19 : 00 Wita itu akan tersaji di Taman Sandalwood dengan menghadirkan para artis dan budayawan asli Sumtim. Dengan gaya masing-masing bersama petikan “Jungga” mereka siap memanjakan mata, telinga, dan menenteramkan hati para pecinta dan penikmat serta pengagum adat, budaya dan tradisi Sumtim.

Joseph Lamont, salah satu penggagas festival ini, dalam kesempatan berdiskusi dengan media ini, Senin (17/12) malam lalu menyatakan, kekagumannya pada budaya, tradisi dan adat Sumba, terasa belum lengkap jika tidak berperan dalam mencintai dan turut melestarikan tradisi lagu diiirngi petikan ‘Jungga Humba’ maupun ‘Jungga Hau’.

“Saya senang sekali dnegan tradisi, adat dan budaya Sumba. Menyanyi Sumba dengan diiringi petikan Jungga sangat Saya gemari. Dan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan saya dan teman-teman sehati dan sepikiran untuk memberikan penghormatan dan pengghargaan para artis atau seniman lagu dan jungga sumba,” ungkap Joseph saat itu.

Joseph yang pertama kali bertemu dengan media ini dalam prosesi pengebumian para Bangsawan Praiyawang – Rende, akhir Oktober silam itu lebih lanjut berharap para pecinta adat, budaya dan tradisi Sumba, untuk datang menjadi saksi Jungga Festival yang untuk pertama kalinya digelar di Pulau Sumba itu.

“Nanti yang akan hadir dan berikan hiburan dengan petikan Jungga Humba dan Jungga Hau yakni Haing, yang berasal dari Patawang, Ata Ratu dari Hanggaroru, Haling dari Mbatakapidu, Umbu Ndotur dari Lewa, Purra Tanya dari Lambanapu-Kambera dan juga Umbu Hina. Jangan lupa pula, ada Jekson, pemuda asal Desa Kataka yang baru berusia 20 tahun akan pula tampil. Acara ini juga merupakan bentuk penghormatan untuk mendiang Hamba Takamara, seniman Li Ndai dari kampung Kopa yang wafat Oktober lalu,” urai Joseph yang berasal dari Australia yang kala itu didampingi Anastasia Tana Langga, Jns Sestakresna dan Nency Dwi Ratna, rekan-rekannya kala meninjau lokasi festival di Taman Sandalwood.

Adapun para artis yang akan tampil nanti selain akan bersolo juga akan berkolaborasi. Dan dipastikan akan ada sajian kejutan, seiring nuansa berbeda dibanding malam minggu yang biasa terlalui baik detik, menit dan jam di Taman Sandalwood. (ion)

Komentar

komentar