Tantangan Generasi Muda yang Kurang Peduli dengan Budayanya Sendiri

oleh
oleh
Krisenia Evan Mali

Berbicara tentang budaya, Indonesia sangat terkenal dengan kekayaan budayanya yang tersebar diseluruh wilayah mulai dari Sabang sampai Marauke. Perlu kita ketahui bahwa kebudayaan merupakan suatu identitas atau cerminan kita sebagai manusia yang memiliki akal budi. Budaya itu sendiri tercipta atau terbentuk dari beberapa unsur-unsur diantaranya agama, suku, bahasa, pakaian adat, bangunan, sejarah, kesenian dan lain-lain. 

Krisenia Evan Mali

Tidak heran lagi ya jika Indonesia menjadi sorotan dunia dan menjadi salah satu negara terfavorit sebagai destinasi wisata oleh para wisatan asing. Umumnya wisatawan yang berkunjung ke Indonesia merasa takjub dengan kekayaan budaya yang kita miliki dan budaya tersebut merupakan ciri khasnya masing-masing.

Namun dengan seiringnya berjalannya waktu budaya asing bercampur dan memasuki budaya Indonesia sehingga sebagian besar masyarakat terutama generasi muda lebih tertarik dengan budaya asing yang masuk ke Indonesia karena mereka menganggap bahwa budaya asing lebih menarik dari pada kebudayaannya sendiri. Hal ini disebkan karena kurang tertanamnya rasa bangga, rasa memiliki dan peduli untuk melestarikan budaya bagi generasi muda.

Baca Juga:  Pintu PDI – Perjuangan Untuk Siapa??

Masuknya budaya asing ke Indonesia ini juga di sebabkan karena krisis globalisasi yang meracuni masyarakat Indonesia. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Kita sebagai generasi penerus mempunyai cara untuk menyikapi budaya asing yang masuk ke Indonesia secara bijaksana sebab akan sangat berpengaruh dengan perilaku dan juga budaya masyarakat indonesia sebab, bisa memberikan banyak manfaat untuk kemajuan. 

Masuknya budaya asing atau budaya barat ke Indonesia melalui  kemajuan teknologi dan komunikasi menyebabkan mudahnya informasi yang datang dari dalam maupun luar. Misalnya lewat radio, televisi, handphone, dan lain-lain. Adanya globalisasi menyebabkan unsur-unsur budaya asing akan mudah masuk ke  indonesia, budaya yang datang dari luar tidak semuanya positif bagi perkembangan dan kehidupan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Akan tetapi budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia sebagian besar membawa dampak negatif.

Baca Juga:  Sumba Tanpa Wa, Berikan Solusi Bukan Mencelah Media

Kini semakin banyak anak muda yang melupakan budaya lokal karena lebih tertarik dengan budaya asing. Padahal, budaya Indonesia sangat penting untuk dilestarikan. Lantas bagaimanakah solusi agar kebudayaan tersebut dapat berkembang seiring berjalannya waktu? Bisa dengan diadakannya sebuah pelatihan Nusantara tentang budaya lokal bagi generasi muda agar generasi muda agar mereka dapat mengetahui  bahwa betapa pentingnya menjaga dan melestarikan budaya yang ada.

Penulis: Krisenia Evan Mali, Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Prodi PPKN

Komentar