Esok, 297 Warga Binaan Lapas Waingapu Siap Pesta Demokrasi

oleh -10 views
Ronny

Waingapu.Com- Pesta Demokrasi Pemilihan Nasional (PILNAS) untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota legislative dan juga DPD akan dilaksanakan, Rabu (17/04) esok. Pesta itu juga akan dirayakan dengan keaktifan untuk menyalurkan hak politik oleh 297 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim),NTT.Kepastian keikutsertaan warga binaan itu dikemukakan oleh Kepala Lapas setempat, Ronny Widiyatmoko, Selasa (16/04) siang lalu.

Didalam Lapas Waingapu, demikian dipaparkan Ronny, yang ditemui di ruang kerjanya itu, warga binaannya kini mencapai 332 orang.Dari jumlah itu, ada yang masuk kategori Narapidana dan juga tahanan titipan Kejaksaan dan Kepolisian. Jumlah itu termasuk pula dengan sembilan orang tahanan titipan Polres Sumtim, yang baru saja masuk Selasa (16/04) pagi tadi.

“Khusus untuk PILNAS esok, di TPS khusus Lapas iniyang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap sebanyak 297 warga binaan.Jadi esok semuanya pasti ikut mencoblos. Kalau ada orang yang tidak masuk dalam DPT dan hanya menunjukan KTP – el atau surat keterangan, diperbolehkan mencoblos dalam TPS khusus Lapas ini, tetapi sebatas keluarga Lapas saja. Sedangkan kalau orang atau masyarakat luastidak diperbolehkan karena yaa itu tadi, judulnya saja TPS khusus,” papar Ronny yang saat itu didampingi olehAdnan D. M, Kepala Keamanan Lapas Kelas II A Waingapu itu.

Ronny juga menambahkan, dari total penghuni Lapas atau warga binaan itu, baik yang terdaftar maupun tidak terdaftar dalam DPT,didominasi narapidana dan tahanan yang terkait tindak pidana penganiayaan dan pembunuhan. (ion)

Komentar