Dari Kaburu, Siapkan Kain Tenun Ikat Sumba Timur Untuk Kemenangan Jokowi

oleh -127 views
Kain Teun Ikat Sumba Timur

Waingapu.Com – Sentra tenun ikat di Kampung Kaburu – Kallu, Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, ternyata telah mempersiapkan kain tenun untuk dihadiahkan ke Joko Widodo yang diyakini sebagai Presiden NKRI terpilih. Hal itu diungkapkan oleh Rambu Chiko, pemilik sanggar tenun ikat dan juga menjadi Lokasi TPS 017 yang disebut sebagai TPS berdekorasi termahal se – Indonesia, kepada wartawan, Rabu (17/04) lalu, di sela – sela kesibukannya saat itu.

“Saya sudah mempersiapkan satu lembar kain kambera dan satu lembar sarung untuk Presiden terpilih yaitu Bapak Joko Widodo. Saya fans berat sama beliau, kain ini sudah saya kerjakan dan siapkan selama satu tahun,” ungkap Rambu Chiko.

Kain Teun Ikat Sumba Timur

Terkait motifnya, Rambu Chiko enggan untuk membeberkan lebih jauh, namun yang pasti kain tenun ikat jenis Kain Tenun Kombu Kambera, sedangkan untuk Ibu Negara Iriana, dirinya akan berikan sarung Pahikung variasi. Kedua maha karya itu, kata Dia akan diserahkan melalui Ibu Yanti yang tidak lain merupakan isteri dari Menteri Perindustrian. Airlangga Hartarto dan juga Ketua Umum Partai Golkar itu.

Kain Teun Ikat Sumba Timur

“Kalau untuk Ibu Iriana nanti saya kasih sarung songket Pahikung yang saya kombinasikan dengan kain tenun Kambera. Yang pasit nanti baik kain dan sarung untuk Pak Jokowi dan Ibu Iriana bahan pewarnanya 100 persen gunakan bahan alam,” urai Rambu Chiko yang kala diwawancarai berlatarkan kain tenun ikat Kambera yang harganya mencapai Rp. 60 Juta.

“Kalau yang di belakang saya ini, kain tenun pesanan Rumah Kebangsaan, harganya kisaran 60 jutaan. Dengan pewarnaan alam dan lebarnya 1,30 lebarnya 3, 20 meter,” pungkas Rambu Chiko. (ion)

Komentar