Harga Telur Ayam Di Paris – Waingapu Merangsek Naik, Warga Pasrah

oleh -7 views
Harga Telur

Waingapu.Com – Seperti kejadian ditahun-tahun sebelumnya, jelang perayaan dan pergantian tahun, harga sejumlah kebutuhan pokok di kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), berangsur naik. Namun kali ini, kenaikan yang dirasakan warga cukup signifikan adalah harga telur ayam.

“Kalau sebelum Natal lalu harganya masih 52 ribu satu pan, lalu naik menjadi 55 ribu, nah sekarang sudah 65 ribu per pan. Yaa mau bagaimana lagi, ini pasar semua yang tentukan, apalagi kita datangkan dari Jawa, jadi kita pasrah saja, dan tetap beli karena memang kita butuh,” jelas Amir, salah seorang warga yang ditemui usai membeli beberapa pan telur ayam untuk kebutuhan rumah tangganya, menyongsong pergantian tahun dan menyambut tahun baru 2019.

Pasar Inpres Waingapu

Lebih lanjut Amir, yang ditemui di Pasar Inpres Matawai, Sabtu (29/12) lalu itu itu menambahkan harapannya, agar selepas tahun baru nanti, harga telur ayam berangsur turun atau normal kembali. “Kalau nanti sesudah tahun baru, yaa semoga bisa turun dan normal lagi. Jangan tetap 65 ribu per pan lagi naah,” imbuh Amir mengungkap asanya.

Sementara itu Mama Ina, salah satu pedagang telur di Pasar ini juga mengungkapkan, kenaikan telur ayam memang tidak bisa dihindari. Pihaknya terpaksa menaikan harga telur ayam, karena memang harga di tingkat distributor sudah tinggi. “Kita beli dari distributor memang sudah naik harganya, jadinya kami jual tentu tetap cari untung, jadinya gitu, kami jual 65 ribu per pannya,” jelasnya sembari menuturkan harapan yang sama kedepannya, harga bisa kembali turun.

Adapun yang dimaksudkan dengan ‘Pan’ adalah satuan untuk tiga puluh butir telur. Satuan yang mana sejak lama menjadi alat ukur para pedagang di pulau Sumba dalam tata niaga telur ayam.(ped)

Komentar