Aksi Bersih-Bersih Pelabuhan, Ini Asa SFC, MCW, TKBM & PELINDO Waingapu

oleh -111 views
Slank Fans Club

Waingapu.Com – Aksi simpatik bersih-bersih pelabuhan rakyat Waingapu, Kelurahan Hambala, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) NTT, yang diinisiasi Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) serta PT. Pelindo III Waingapu, turut diikuti oleh sejumlah kelompok atau komunitas. Bahkan para anggota komunitas ini sudah ada lebih cepat dari para peserta aksi simpatik lainnya. Selain turut serta dalam aksi bersih-bersih pelabuhan, himbauan dan harapan juga disuarakan oleh para anggota komunitas.

“Buanglah sampah pada tempatnya, semoga tidak sebatas jargon dan slogan yang diungkapkan dan di tempel di sejumlah tempat. Tapi idealnya dilakukan dalam keseharian kita. Ini lihat saja, lumayan banyak sampah yang terkumpul, juga sampah plastik,” tandas Andy Muhammad Jusuf alias Pedro yang didampingi rekannya Jumaidin alias Iyeck, anggota Slank Fans Club (SFC) Sumtim, sebuah wadah penggemar Group Musik Slank dan karya-karyanya itu.

Pedro

“Kalau lingkungan kita bersih, laut kita bersih, tentu kita jauh lebih nyaman dan sehat. Kita bisa lapang hati mewariskan lingkungan dan alam yang bersih pada generasi mendatang. Karena sejatinya sampah bukan warisan untuk anak cucu kita nanti,” timpal Iyeck.

Seruan dan harapan juga diungkapkan oleh Nancy Pah, juru bicara pecinta motor matic di Waingapu yang tergabung dalam wadah Matic Comunity Waingapu (MCW). “Kami senang bisa terlibat dan dilibatkan dalam kegiatan seperti ini. Harapan kami melalui aksi ini, warga sekitar dan juga para pengunjung serta mereka yang beraktifitas di pelabuhan ini, sadar akan kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Nancy.

Nancy

Lebih jauh Nancy di sela-sela memungut sampah bersama peserta aksi simpatik itu mengatakan, siap untuk ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan sejenisnya di masa datang. “Kalau ke depan ada komunitas dan juga instansi pemerintah atau swasta mengajak kami, tentu kami siap ambil bagian semampu kami,” imbuh Nancy.

Bersih-Bersih

“Kebetulan pelabuhan ini merupakan tempat aktifitas kami setiap hari kerja. Jadi sudah tentu kami harus turut menjaga kebersihannya. Ke depan kami berharap semua pihak terutama masyarakat sekitar pelabuhan juga para pengguna areal ini untuk sama-sama menjaga kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan lagi,” tandas Agustinus Welem, Ketua Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Matawai Amahu-Pelabuhan Waingapu.

Bersih-Bersih

Seperti terpantau kala itu, aksi bersih bersih sampah di areal pelabuhan rakyat Waingapu itu dilaksanakan sekira pukul 06 : 30 Wita hingga menjelang pukul 11:00 Wita. “Tentu kami Pelindo Waingapu berterima kasih atas kepedulian sejumlah stakeholder, juga komunitas lainnya yang ambil bagian dalam aksi simpatik ini. Semoga ke depan pelabuhan ini jauh lebih bersih dan nyaman. Buanglah sampah pada tempatnya, janganlah membuang sampah sembarangan apalagi sampah plastik. Moment HARHUBNAS ini kita jadikan momentum untuk jauh lebih dewasa dalam memperlakukan sampah dan mencintai alam serta lingkungan sekitar kita,” ungkap Joko Budi Santoso, Manager PT.Pelindo II terminal Waingapu, pada para awak media selepas kegiatan itu.(ionped)

Komentar