HARHUBNAS, KSOP & Pelindo Serta Sejumlah Instansi, Bersih-Bersih Pelabuhan Rakyat

oleh -62 views
Bersih-Bersih

Waingapu.Com – Songsong Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS), Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Waingapu menginiasi aksi bersih-bersih Pelabuhan Rakyat Waingapu, Kelurahan Hambala, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT. Aksi yang dilaksananan, Kamis (12/09) pagi hingga menjelang siang hari itu, turut diikuti oleh elemen lainnya seperti Dinas Perhubungan Sumtim, dan PT. Pelni cabang Waingapu.

Aksi simpatik bersih-bersih pelabuhan itu diikuti sekira 300 orang dari ragam instansi dan komunitas, berhasil mengumpulkan aneka jenis sampah. Terpantau kala itu, sampah plastik merupakan jenis sampah yang paling dominan terkumpul. Sampah itu kemudian diangkut menuju TPA oleh armada kebersihan alias pasukan kuning.

Anis

Kepala KSOP Waingapu, Anis Kumanireng, kepada wartawan di sela-sela aksi bersih-bersih pelabuhan itu mengucapkan terima kasih pada sejumlah pihak yang terlibat. Aksi ini kata dia merupakan rangkaian kegiatan untuk menyongsong dan memeriahkan HARHUBNAS yang jatuh pada tanggal 17 September mendatang.

“Kepada masyarakat umumnya dan khususnya masyarakat yang sering beraktifitas di dalam dan disekitar pelabuhan agar bisa membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Hingga tidak lagi kita melihat seperti tadi sebelumnya dimana sampah-sampah berserakan, terlebih sampah plastik yang memang butuh waktu panjang untuk terurai juga mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi laut dan habitatnya juga tentunya manusia,” papar Anis.

Selain KSOP dan Pelindo, Pelni dan Dinas Perhubungan Sumtim, nampak sejumlah peserta aksi dari instansi lainnya seperti POSAL, PT. ASDP, KP3 Laut, Pimpinan dan Staf Bandara Umbu Mehang Kunda dan Basarnas Pos Waingapu. Turut juga dalam aksi simpatik ini sejumlha komunitas diantaranya para pedagang di lokasi Pelabuhan, Slank Fans Club (SFC) Sumtim, Matic Comunity Waingapu (MCW) dan Keluarga besar Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Matawai Amahu. (ion)

Komentar