Gubernur dan Ketua DPRD NTT Serta Bupati se-Sumba Hadiri Pemakaman Umbu Yadar

oleh

Waingapu.Com – Pemakaman Umbu Yadar alias Umbu Nai Mangutu, Jumat (7/10/2022) lalu di Nggoti, Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur, di hadiri Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat. Tak hanya itu, pemakaman bangsawan dalam tata cara adat dan budaya  sesuai keyakinan Marapu, Sumba Timur itu juga dihadiri oleh Ketua DPRD dan para Bupati sedaratan Sumba. 

Seperti dijabarkan Viktor Laiskodat di akun Facebooknya, prosesi pemakaman itu selain dihadirinya dan ketua DPRD NTT serta Bupati sepulau Sumba, juga dihadiri oleh Walikota Kupang. Hadir pula ribuan warga dan perwakilan dari 384 Kabihu atau marga dari sejumlah wilayah di pulau Sumba. 

Dipaparkan Viktor, prosesi pemakaman yang menghormati leluhur itu sesuai dengan keyakinan Marapu diwarnai dengan penyembelihan 1 ekor kuda, babi dan sapi masing-masing satu ekor dan 3 ekor kerbau. Dijelaskannya, hal itu untuk menghantar dan menghormati almarhum Umbu Yadar yang wafat pada 2019 silam menuju kehidupan abadi.

Baca Juga:  Kornelis, Pelestari Tenun Ikat Sumba Timur yang Tak Kompromi dengan Pewarnaan Kimia

“Beristirahatlah dalam damai Bapak Umbu Yadar, sebagai manusia konsepsional beliau akan terus diingat dan dihormati sampai jauh setelah fisik beliau tidak ada lagi karena telah meninggalkan pikiran, terobosan dan pekerjaan yang mampu berguna untukk orang lain,” tulis Viktor dibagian akhir postingannya. (wyn)

Komentar