Dinas Perikanan Sumba Timur Buka Rayon Seleksi Calon Taruna Poltek KKP 2023

oleh
oleh

Waingapu.Com – Dinas Perikanan Sumba Timur Buka Rayon Seleksi Calon Taruna Poltek KKP 2023. Seremonial pembukaan seleksi Calon Tarunanya dilaksanakan di Aula Setda Sumba Timur, Selasa (20/6/2023) pagi lalu.

Bupati Sumba Timur Khristofel Praing didampingi Wakil Bupati David Melo Wadu dan Kepala Dinas Perikanan Sumba Timur, Markus Windi secara resmi membuka pelaksanaan seleksi dimaksud. Dalam sambutannya Bupati menaruh harap agar putera dan puteri daerah Sumba Timur bisa diprioritaskan diterima seiiring dengan kian bertumbuh dan berkembangnya inventasi terkhususnya dalam sektor perikanan.

Kepada calon Taruna dan Teruni, Bupati Khristofel menekankan pentingnya mengoptimalkan momentum emas yang ada. Apalagi nanti sejumlah kemudahan dan fasilitas pendukung disediakan pemerintah.

Baca Juga:  Learning Center Bukti Keseriusan PT. MSM  Persiapkan Kompetensi Sumber Daya Manusia 

“Ini sepenuhnya dibiayai pemerintah, jadi sebagai calon Taruna dan Taruni tinggal siap bawa badan saja tentunya juga disertai semangat dan kemauan. Sekolah Kedinasan itu tertib dan disiplin. Ini bukan saya sebatas ngomong tapi saya juga pernah laluinya, saya juga mantan Taruna,” tandas Khristofel.

Sebelumnya, I Nyoman Sudiarsa, Wakil Direktur 2 Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana mengatakan pendidikan program Diploma III yang akan dijalani para Taruna dan Taruni nantinya dengan system boarding school, kurikulum berbasis kompetensi, pendekatan pembelajaran teaching factory. Juga ada program kewirausahaan dengan kuota penerimaan taruna baru 100 % berasal dari anak pelaku utama kelautan dan perikanan.

Terpisah Aris Widagdo, Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang, kepada wartawan menanggapi diplomatis harapan Bupati agar kouta penerimaan putera dan puter Sumba Timur diprioritaskan. Beberapa kajian diakuinya telah dilakukan dalam kaitan dengan kelautan dan perikanan NTT termasuk Sumba Timur. 

Baca Juga:  Peduli Almamater, Alumni Angkatan 96 SMPN 2 Waingapu Donasikan Masker

“Dari kajian yang kita lakukan yang paling pokok dibutuhkan memang ketersediaan SDM yang berkualitas, kompeten. Hal itu sejalan dengan begitu banyaknya potensi yang belum bisa dimanfaatkan maksimal.Terkait proses seleksi kelulusan dan sebagainya tentu tetap  mengikuti rpsedur seleksi namun pasti ada kebijakan – kebijakan Nasional dari KKP yang akan mempertimbangkan harapan pak Bupati sebagai bentuk masukan,” paparnya.

Di kesempatan yang sama, Aris juga mengakui animo yang tinggi dari para calon Taruna dan Taruni setipa proses seleksi. Hal itu sebut dia karena memang adanya keterbukaan informasi dan peluang yang terus digaungkan oleh Bupati dan figur Markus Windi selaku Kepala Dinas Perikanan Sumba Timur.

Baca Juga:  Esok Temanku Akan Diwisuda, Aku???

Untuk diketahui dalam seleksi ini diikuti oleh 145 calon Taruna dan Taruni yang berasal dari sejumlah wilaayah di Kabupaten Sumba Timur. Dari jumlah itu, 45 orang merupakan peserta seleksi Poltek Jembrana – Bali dan 91 orang adalah peserta seleksi Poltek Kupang. (ion) 

Komentar