Ini Desa dan Kelurahan yang Dapat Atensi Bupati Sumba Timur Karena Prestasinya

oleh
oleh

Waingapu.Com– Momentum upacara HUT Kemerdekaan RI  ke-78 di Lapangan Pahlawan, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT, Kamis (17/8/2023) lalu menjadi spesial bagi 4 desa dan 1 kelurahan. Betapa tidak, Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing sebagai Inspektur Upacara memberikan atensi  dan ungkapkan rasa bangganya atas raihan prestasi yang diukir desa dan kelurahan dimaksud.

Menurut Khristofel, rasa bangsa dan syukur itu perlu pula dirasakan ooleh seluruh warga Sumba Timur. Sekaligus bisa memotivasi desa dan kelurahan lainnya untuk juga berbenah dan meraih prestasi dalam bidang lain. 

Dipaparkan Bupati dalam amanatnya, Kelurahan Kamalaputi, di Kecamatan Kota Waingapu melalui Inovasi Bank Sampah dengan slogan “Ubah Sampah Jadi Rupiah” mendapat  prestasi  sebagai  Inovasi  Rintisan Terbaik pada ajang lomba inovasi tahun 2022.  Juga prestasi diukir oleh Desa Watu Hadang terkait pariwisata dan kebudayaan. Desa ini berhasil menjadi finalis dan mendapatkan sertifikat sebagai Desa Brilian 2022 dari Direktur Utama Bank BRI.

Baca Juga:  Pertanyakan Upah & Aneka Potongan, Buruh Pelabuhan Surati KSOP Waingapu

Desa lainnya yang juga mengukir prestasi membanggakan yakni Desa Pambotandjara dan Desa Mondu. Kedua Desa ini mendapat penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Desa Wisata Binaan Kemenparekraf RI dan mendapat Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.  Dalam bidang ekonomi terkhususnya Bumdes, diraih oleh Desa Laindeha sebagai Juara Kedua. Khusus untuk Desa Pambotandjara juga kembali meraih juara favorit pada acara Closing Ceremony and Project Learning ENVISION. 

Titus Umbu Rey, Kepala Desa Pambotandjara, yang berhasil dikonfirmasi wartawan terkait prestasi desanya yang menjadi atensi Bupati Sumba Timur, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya. Namun kades muda, inovatif dan energik namun rendah hati itu tidak jumawa. Menurutnya, prestasi yang diraih itu hasil kerja keras seluruh warga khususnya mereka yang terlibat secara langsung.

Baca Juga:  Seratus Desa di Sumba Timur akan Laksanakan Pilkades Serentak, ASN Boleh Ikut Bertarung

“Hasil yang diraih adalah buah kerja keras sekaligus jadi motivasi bagi kami di desa untuk mempertahankan dan bila mampu atas perkenanan Tuhan kami tingkatkan dihari-hari mendatang,” tukasnya. (ped/ion) 

Komentar