Pemilu di Depan Mata, KPU Laksanakan Bimtek KPPS, juga Diikuti 7 Petugas Lapas Kelas IIA Waingapu

oleh
oleh

Waingapu.Com – Pemilu 2024 tinggal hitungan hari, pemantapan untuk sukses pelaksanaanya terus digencarkan oleh penyelenggara. Minggu (28/1/2024) KPU Sumba Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Sebanyak 7 orang petugas Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIA Waingapu, ambil bagian dalam kegiatan yang terlaksana di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi-Waingapu itu. 

Untuk diketahui, Bimtek ini membahas tentang tugas dan tanggung jawab sebagai anggota KPPS, mekanisme pemungutan suara dan perhitungan suara. Selain itu pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (Sirekap), simulasi, dan kode etik petugas KPPS serta prosedur pemeriksaan identitas pemilih.

Dalam kegiatan Bimtek itu, tidak hanya diikuti oleh 7 petugas KPPS dari TPS khusus Lapas, juga hadir KPPS dar Kelurahan Kamalaputi, Desa Mbatakapidu dan Desa Pambotanjara.

Baca Juga:  Di Mata & Hati Ex Pembunuh & Penganiaya Di Sumba, Jokowi Pantas Pimpin NKRI

“Tentunya Bimtek ini menjadi langkah penting dalam mempersiapkan diri  bagi KPPS. Khusus petugas kami juga sangat penting mengingat Lapas Waingapu ditunjuk sebagai TPS 901 khusus untuk menyalurkan aspirasi warga binaan. Dengan pengetahuan yang diperoleh, diharapkan para petugas yang mengikuti Bimtek dapat melaksanakan tugas dengan baik hingga berkontribusi positi bagi kelancaran Pemilu tahun 2024 yang sudah di  mata ini,” ungkap Antonius Hubertus Jawa Gili, Kalapas kelas IIA Waingapu, pada wartawan Senin (29/1/2024) lalu. (ion)

Komentar