Raih IGA Tahun 2023, Bupati Sumba Timur Sebut Hasil Kerja Nyata Semua Komponen

oleh
oleh

Waingapu.Com – Bupati Sumba Timur, Khristofel A. Praing, Selasa (12/12/2023) siang lalu menerima anugerah Inovative Government Award (IGA)  tahun 2023 yang diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. Raihan itu untuk kategori  Kabupaten Terinovatif dengan Kategori Tertinggal.

Penyerahan award itu terlaksana di Sasana Bhakti Praja Kemendagri-Jakarta, yang juga dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Momen itu juga disiarkan langsung via streaming di kanal Youtube BSKD Kemendagri.

Usai Menerima IGA tahun 2023, Bupati Sumba Timur menegaskan raihan itu merupakan hasil kerja nyata semua komponen. Inovasi yang dihadirkan dalam pelayanan pemerintah adalah untuk memberikan pelayanan optimal pada masyarakat. 

Baca Juga:  Pramuka SMANTIG Waingapu Tanam Mangrove Di Pada Dita

“Penghargaan ini adalah bagian dari kerja nyata kita semua masyarakat Sumba Timur, pemerintah dan dunia usaha. Kita terus berjuang untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Dan pada titik tertentu kita terus berushaa agar inovasi ini tidak hanya menjadi bagian dari keseharian namun menjadi budaya kerja dalam memberikan pelayanan pada masyarakat,” papar Khristofel.     

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam sambutannya menegaskan, inovasi yang dihadirkan bukan semata untuk meraih penghargaan. Namun sebutnya untuk lebih menciptakan sebuah sistem yang lebih baik.

“Harapan kita bukan hanya inovasi itu untuk mendapatkan award atau mendapatkan pujian tapi untuk menciptakan sebuah sistem yang baik. Ketika sistem itu baik, maka siapapun yang akan mengawaki sistem itu, sistem itu akan tetap berjalan,” tegas Tito Karnavian.

Baca Juga:  Prahara Lamboya, Luther Sempat Lihat Peluru Dikeluarkan Dari Tubuh Poro Duka

Sebanyak 28 inovasi dilakukan oleh Pemkab Sumba Timur di tahun 2023 dan untuk kompetisi IGA tahun 2023 diajukan 2 inovasi unggulan yakni Siberweb RSUD Umbu Rara Meha untuk inovasi digital dan non digital yakni Pengendalian Belalang Kembara secara Gotong Royong.  Dengan IGA tahun 2023 yang kembali diraih, Sumba Timur untuk 3 tahun berturut – turut menjadi Kabupaten Terinovatif dengan Kategori Tertinggal. (ion)

Komentar