Apel Perdana, Bupati Sumba Timur Ingatkan Dharma Seorang Pemimpin

oleh -1.056 views
Bupati dan Wakil Bupati dalam Apel Perdana

Waingapu.Com – “Jika kepentinganmu melebihi kepentingan tanah airmu, sesungguhnya engkau mengkhianati dharmamu sebagai seorang pemimpin,” ungkap Khristofel A. Praing dalam arahannya kala memimpin apel penguatan, sekaligus arahan perdananya sebagai Bupati Sumba Timur (Sumtim) – NTT, Senin (01/03) pagi lalu di halaman kantor Bupati setempat.

Suasana apel sebagaimana dipublish akun youtube Explore Sumba dan dibagikan oleh sejumlah akun media sosial (medsos) itu, berlangsung dengan khidmat dan tertib. Khris Praing mengutip petuah bijak yang diungkapkan Presiden Soerkarno dimasa  silam itu, juga dibarengi penegasan kepada para ASN yang hadir kala itu, untuk tidak lagi membahas segala perbedaan di masa lalu. Karena menurut Khris, titik krusial perjuangan sesungguhnya adalah berpikir dan bertindak secara bijak ke depan untuk bersama-sama satu langkah, satu hati dalam mengemban amanat penderitaan rakyat, untuk satu tujuan membangun Sumtim menuju Matawai Amahu Pada Njara Hamu.

Baca Juga:  Dihukum Jongkok, Guru SMAN 01 Rindi Umalulu Merasa Dilecehkan Camat

Khris Praing juga menegaskan hakekat sejati seorang ASN sebagai pelayan masyarakat dan aparatur negara.

“ASN sejatinya merupakan pelayan masyarakat sekaligus sebagai aparatur negara yang baik, diberi kepercayaan dan digaji oleh negara. Untuk itu saya mengajak kita  menyatukan langkah, sehati sepikir dan sejalan dalam menjalankan setiap tugas dan tanggungjawab yang sudah dipercayakan kepada kita masing-masing,” urainya sembari menegaskan peningkatan disiplin kinerja profesionalisme dan etos kerja yang lebih berkualitas. 

Arahan Khris Praing dalam apel yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumtim, David M. Wadu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumtim, Domu Warandoy, asisten, pimpinan perangkat daerah bersama staf,  para camat serta lurah itu juga kembali mengingatkan akan bahaya pandemi Covid-19 dan pentingnya penerapan Protokol Kesehatan. Tak hanya itu, potensi terjadinya demam berdarah juga diingatkannya, karena tingginya intensitas hujan dan banyaknya genangan air. Kebersihan lingkungan kata dia, perlu dimulai dari keluarga masing-masing, dan tugas pemerintah mulai dari tingkat RT dan RW, mengingatkan warganya.

Baca Juga:  Sumtim Siap Laksanakan Tahapan Penerimaan ASN

Arahan Khris Praing inipun mendapat respon positif berbagai kalangan di media sosial. Salah satunya diungkapkan direktur RSU Imanuel, dalam akun facebooknya. Danny Christian Part II, demikian nama akunnya, selain menilai pidato perdana Bupati terpilih inspiratif juga dirinya menaruh harapan agar akselerasi segala bidang kemajuan daerah segera terwujud. (ion)

Komentar