Kehadiran Program JKN-KIS Sangat Membantu Markus & Keluarganya

oleh -42 views
Markus

Kota Tambolaka, Jamkesnews – Keberadaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Peran dan dukungan pemerintah sangatlah penting dalam hal memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Salah satu wujud nyata perhatian pemerintah kepada masyarakat untuk membebaskan kekhawatiran akan biaya berobat di fasilitas kesehatan adalah melalui sumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional/Daerah (APBN/APBD).

Markus Loba Ngongo (44) warga Desa Radamata, Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya adalah salah satu peserta JKN-KIS dari segmen PBI (Penerima Bantuan Iuran) Pemerintah yang telah merasakan manfaat program ini. “Saya sebagai Peserta JKN-KIS sejak tahun 2014,” ujar Markus.

Baca Juga:  Ingatkan Kembali Inpres 8 Tahun 2017: Mendagri Apresiasi Empat Provinsi & 120 Kabupaten - Kota “UHC”

Markus mengaku kehadiran Program JKN-KIS sangat membantu dirinya dan keluarga. “Bagi kami yang berasal dari ekonomi menengah ke bawah, kami sangat merasa terbantu dengan adanya Program JKN-KIS. Sebelumnya, setiap keluarga akan berobat kami takut karena terkendala dengan biaya. Tapi dengan adanya Program JKN-KIS ini, sekarang kami sudah tidak takut lagi untuk berobat ketika sakit,” ungkap Markus, ketika ditemui Minggu (28/02) lalu.

Bapak dari lima orang anak ini menyampaikan dirinya beserta keluarga sudah beberapakali menggunakan KIS untuk berobat. Ia juga menambahkan program JKN-KIS diperuntukkan seluruh penduduk Indonesia tanpa memandang kalangan apa pun. Buktinya selama menggunakan layanan di rumah sakit sebagai pasien JKN-KIS ia tidak merasakan adanya perbedaan perlakuan.

Baca Juga:  Forum Koordinasi Untuk Mantapkan Kepatuhan Badan Usaha di Pulau Sumba

Di akhir perbincangan, Markus sadar bahwa program JKN-KIS sangat penting dan dibutuhkan masyarakat Indonesia sehingga harus tetap ada. Ia juga berharap program JKN-KIS tetap berlangsung agar seluruh masyarakat Indonesia dapat mengakses pelayanan kesehatan mulai dari yang mampu sampai tidak mampu. Dan teruntuk peserta yang membayar sendiri atau biasa dikenal dengan peserta mandiri, jangan lupa untuk selalu membayar iuran sekalipun tidak sakit karena iuran yang dibayarkan bisa membantu saudara-saudara lain yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat sakit. (DM/dn)

Komentar